Android Sudah Bisa Cicipi Cortana

Kompas.com - 22/07/2015, 11:23 WIB
Cortana Re/codeCortana
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Salah satu yang digembar-gemborkan seiring kehadiran Windows 10 adalah kemampuan mengakses Cortana di berbagai perangkat. Mulai dari desktop, Xbox One, ponsel iOS hingga Android. Semuanya dikabarkan akan kebagian fitur asisten pribadi buatan Windows tersebut.

Android menjadi yang pertama untuk hal ini. Sistem operasi sejuta umat tersebut sudah bisa dibenamkan Cortana. Walau demikian untuk bisa menggunakannya, pengguna harus mengunduh sendiri file APK dan bukan melalui toko resmi Google Play Store.

Diperkirakan, format resmi Cortana untuk berbagai perangkat baru bisa dirasakan ketika Windows 10 resmi dirilis. Diketahui, versi Windows teranyar tersebut baru bisa dijajal pada 29 Juli mendatang.

Namun, tak ada salahnya memulai sesuatu lebih awal. Untuk mengkses Cortana pada ponsel dan tablet Android, pengguna dapat mengunduh format APK nya pada tautan ini.

Selanjutnya, Cortana akan bekerja sebagaimana fungsinya di sistem operasi Windows. Dari mulai melakukan panggilan, mengingatkan pengguna mengambil cucian, memperoleh informasi skor olahraga, harga saham, atau trivia acak.

Walau Cortana pada Android ini hanya memungkinkan akses versi beta, hal tersebut tak berarti Cortana APK tak berfungsi secara maksimal.

Dilansir KompasTekno, Selasa (21/7/2015) dari Techweez, Cortana Beta ini bisa diakses cukup cepat dan mudah tanpa hambatan berarti. Pengguna dapat mengobrol dengan Cortana dan akan direspons selayaknya Cortana versi final.

Berikut beberapa gambar-gambar yang dipindai dari antarmuka aplikasi Cortana di perangkat Android.

Techweez Antarmuka Cortana APK pada Android
Techweez Antarmuka Cortana APK pada Android



Sumber techweez
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X