Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrikan Mobil Jerman Siap Beli Here

Kompas.com - 23/07/2015, 13:14 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber WSJ
KOMPAS.com - Konsorsium pabrikan mobil asal Jerman dikabarkan sudah setuju untuk membayar uang sebesar 2,7 miliar dollar AS untuk mendapatkan layanan peta digital milik Nokia, Here.

"Keputusan finalnya bisa saja terjadi dalam beberapa hari mendatang," demikian menurut keterangan oleh seorang sumber, seperti KompasTekno kutip dari Wall Street Journal, Rabu (22/7/2015).

Konsorsium itu sendiri dikatakan terdiri dari Audi, sebuah anak usaha dari Volkswagen; Daimler, induk dari Mercedes-Benz; dan BMW. Menurut sumber tersebut, ketiganya sudah setuju untuk membayar Nokia.

Jika benar terjadi kesepakatan, konsorsium itu dikatakan berencana untuk mengundang perusahaan otomotif lain untuk berinvestasi di aplikasi peta Here tersebut. Perusahaan lain yang akan ditawarkan terdiri dari Fiat Chrysler Automobiles, Renault, Peugot Citroen, Ford, Toyota, dan General Motor.

"Tujuannya adalah membuat layanan tersebut sebagai platform terbuka bagi semua orang," tutur sang sumber.

Aplikasi Here sendiri memang sudah tidak asing bagi dunia otomotif. Beberapa pabrikan otomotif terkenal dikatakan sudah menggunakan aplikasi tersebut sebagai aplikasi peta di mobil-mobilnya. Dikatakan, setengah dari pendapatan Here yang mencapai 970 juta Euro pada 2014 lalu berasal dari industri ini.

Angka yang dibayarkan oleh konsorsium itu sendiri jauh lebih kecil dari harga pembayaran Nokia saat akuisisi Here dari Navteq. Kala itu, perusahaan asal Finlandia itu menggelontorkan dana sebesar 8,1 miliar dollar AS untuk mendapatkan Here.

Selain perusahaan otomotif, Here sebenarnya banyak ditaksir juga oleh perusahaan teknologi lain. Salah satunya adalah Uber, yang dikatakan ingin membeli Here untuk sistem pemetaan di mobil sewaan miliknya. Sayangnya, jumlah penawarannya masih kurang besar sehingga tidak direspons oleh Nokia.

Hingga saat ini, Nokia dan juga konsorsium asal Jerman itu masih menolak untuk berkomentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WSJ
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com