Kompas.com - 23/07/2015, 13:14 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Konsorsium pabrikan mobil asal Jerman dikabarkan sudah setuju untuk membayar uang sebesar 2,7 miliar dollar AS untuk mendapatkan layanan peta digital milik Nokia, Here.

"Keputusan finalnya bisa saja terjadi dalam beberapa hari mendatang," demikian menurut keterangan oleh seorang sumber, seperti KompasTekno kutip dari Wall Street Journal, Rabu (22/7/2015).

Konsorsium itu sendiri dikatakan terdiri dari Audi, sebuah anak usaha dari Volkswagen; Daimler, induk dari Mercedes-Benz; dan BMW. Menurut sumber tersebut, ketiganya sudah setuju untuk membayar Nokia.

Jika benar terjadi kesepakatan, konsorsium itu dikatakan berencana untuk mengundang perusahaan otomotif lain untuk berinvestasi di aplikasi peta Here tersebut. Perusahaan lain yang akan ditawarkan terdiri dari Fiat Chrysler Automobiles, Renault, Peugot Citroen, Ford, Toyota, dan General Motor.

"Tujuannya adalah membuat layanan tersebut sebagai platform terbuka bagi semua orang," tutur sang sumber.

Aplikasi Here sendiri memang sudah tidak asing bagi dunia otomotif. Beberapa pabrikan otomotif terkenal dikatakan sudah menggunakan aplikasi tersebut sebagai aplikasi peta di mobil-mobilnya. Dikatakan, setengah dari pendapatan Here yang mencapai 970 juta Euro pada 2014 lalu berasal dari industri ini.

Angka yang dibayarkan oleh konsorsium itu sendiri jauh lebih kecil dari harga pembayaran Nokia saat akuisisi Here dari Navteq. Kala itu, perusahaan asal Finlandia itu menggelontorkan dana sebesar 8,1 miliar dollar AS untuk mendapatkan Here.

Selain perusahaan otomotif, Here sebenarnya banyak ditaksir juga oleh perusahaan teknologi lain. Salah satunya adalah Uber, yang dikatakan ingin membeli Here untuk sistem pemetaan di mobil sewaan miliknya. Sayangnya, jumlah penawarannya masih kurang besar sehingga tidak direspons oleh Nokia.

Hingga saat ini, Nokia dan juga konsorsium asal Jerman itu masih menolak untuk berkomentar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber WSJ
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.