Review: ZTE Blade S6, Android Mirip iPhone Pelahap Game Berat

Kompas.com - 27/07/2015, 15:46 WIB
Desain tampilan depan inilah yang membuat orang sering mengiranya sebagai iPhone 6. Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comDesain tampilan depan inilah yang membuat orang sering mengiranya sebagai iPhone 6.
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Bila melihat sekilas saja, ZTE Blade S6 tampak seolah tiruan Apple iPhone 6. Setidaknya sepengalaman KompasTekno saat mencobanya, banyak yang mengira ponsel ini iPhone 6, sampai mereka melihat logo perusahaan Tiongkok itu bertengger di casing belakang.

Namun jangan remehkan ZTE Blade S6, ponsel ini ternyata bukan cuma modal tampang saja.  Sepanjang KompasTekno mengakrabkan diri dengan ZTE Blade S6 ini, mesti diakui ia dapat diandalkan. Meski ada juga sejumlah kekurangan yang bisa ditemukan, misalnya soal bahan plastik yang dipakai membungkus body.

Untuk mengetahui lebih detil soal keunggulan dan kelemahan ZTE Blade S6, berikut ini ulasan kami selengkapnya.

Desain dan software

Cuma satu hal yang bisa dikatakan soal desain ZTE Blade S6, yaitu mirip iPhone 6. Perhatikan sudut-sudutnya yang membulat, layar 2.5 D yang bagian tepinya sedikit melengkung, serta warna putih susu dibagian depan. Semuanya merujuk pada ponsel buatan perusahaan Cupertino itu.

ZTE membekali Blade S6 dengan layar IPS 5 inci dengan resolusi 720p. Hasilnya layar Blade S6 menampilkan gambar dalam ketajaman 291 piksel per inci.

Walaupun bukan yang paling tajam di kelasnya, ZTE berhasil menyuguhkan warna yang jernih dan jelas, tanpa ada saturasi berlebihan. Baik untuk bermain game atau menonton film, warna yang dihasilnya sanggup memanjakan mata.

Tepat di bawah layar tersebut, Anda akan menemukan satu lingkaran bulat. Ini adalah tombol kapasitif dengan LED berwarna biru yang bisa digunakan sebagai penanda notifikasi dan berbagai macam hal.

Sebenarnya, ZTE membuat lingkaran biru tersebut sebagai ciri khas seri Blade sekaligus membedakannya dengan Nubia, seri premiumnya, yang memiliki lingkaran berwarna merah. Tapi tidak bisa dipungkiri kalau ciri khas ini justru mendekati desain tombol Home iPhone.

Di kanan dan kiri tombol Home juga terdapat Recent Apps dan Back. Beda dengan Android lain yang biasanya menegaskan fungsi tersebut dengan ikon tertentu, pada Blade S6 tombol Recent Apps dan Back hanya hanya berbentuk lingkaran kecil dengan LED biru saja. Uniknya, fungsi kedua tombol tersebut bisa ditukar melalui menu pengaturan sehingga mempermudah pengguna.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X