Kompas.com - 28/07/2015, 16:03 WIB
Smartphone Android OnePlus 2 (kiri) disandingkan dengan OnePlus One (kanan). Android AuthoritySmartphone Android OnePlus 2 (kiri) disandingkan dengan OnePlus One (kanan).
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Smartphone unggulan kedua dari vendor Tiongkok OnePlus, yaitu OnePlus 2 resmi diluncurkan hari ini, Selasa (28/7/2015) sebagai penerus OnePlus One yang telah diluncurkan pada tahun lalu.

OnePlus 2 oleh Co-founder OnePlus, Carl Pei diklaim sebagai smartphone flagship killer bukan hanya bagi smartphone-smartphone yang beredar saat ini, namun juga untuk smartphone lain yang bakal dirilis pada 2016 nanti.

Lalu, apa saja peningkatan yang diberikan OnePlus dalam OnePlus 2, jika dibandingkan dengan versi smartphone pertamanya itu?

Desain

Kedua perangkat secara desain tampilan memiliki kemiripan dengan ukuran layar sama, 5,5 inci. Namun OnePlus 2 memiliki tombol fisik di bezel bagian bawah. Tombol fisik tersebut juga berfungsi sebagai "rumah" bagi hardware sensor pemindai sidik jari.

Lensa kamera di bagian punggung belakang smartphone juga diletakkan lebih rendah dibandingkan dengan OnePlus One.

Lampu flash kamera kini diletakkan di sebelah atas lensa. Di OnePlus One, lampu flash dual LED itu berada di bawah lensa.

Dari segi tombol-tombol, ada sedikit penyesuaian. Di sisi sebelah kanan terdapat tombol volume sekaligus tombol kunci.

Pemindahan tombol kunci dari sebelah kiri ke sebelah kanan tersebut untuk mengakomodir tombol Alert Slider yang baru diperkenalkan dalam OnePlus 2 di sisi kiri perangkat.

Sama dengan pendahulunya, di sisi atas terdapat port audio 3,5 mm dan di sisi bawah terdapat konektor USB Type C yang kini diapit oleh dua grill lubang speaker berbentuk bulat, mirip dengan desain iPhone 6.

Layar

Layar OnePlus One dan OnePlus 2 sama-sama mengusung ukuran 5,5 inci dan resolusinya pun juga sama, yaitu Full HD 1920 x 1080 piksel.

Agak aneh memang saat pabrikan lain mulai mengusung layar resolusi Quad HD, OnePlus justru bertahan dengan resolusi Full HD.

Salah satu alasan OnePlus mempertahankan resolusi tersebut adalah untuk menghemat daya baterai.

Hardware

Hardware dalam OnePlus 2 paling banyak mengalami perombakan jika dibandingkan dengan OnePlus One, mulai dari chipset, prosesor, dan RAM.

OnePlus 2 sekarang mengusung chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 810 v2.1 yang diklaim oleh OnePlus dan Qualcomm telah diperbaiki untuk mengatasi kendala panas.

Selain itu, perangkat juga didukung oleh memori RAM LPDDR4 4 GB dan GPU Adreno 430. Bandingkan dengan Oneplus One yang memiliki prosesor Snapdragon 801, RAM 3 GB dan GPU Adreno 330.

Hardware lain yang disertakan OnePlus ke dalam onePlus 2 adalah pemindai sidik jari, tombol Alert Slider, dukungan dual-SIM 4G untuk semua versi OnePlus, baik 32 GB maupun 64 GB.

Kapasitas daya baterai yang diusung OnePlus 2 juga sedikit lebih besar dibandingkan dengan OnePlus One, yaitu 3.100 mAh berbanding 3.300 mAh.

Kamera

Kamera menjadi hal yang paling banyak dikeluhkan pengguna OnePlus One. Lewat suksesornya, OnePlus 2, kamera mendapatkan upgrade dengan sensor Sony Exmor dan fitur OIS (optical image stabilizer).

Namun demikian, resolusi kamera OnePlus 2 masih tetap sama dengan Oneplus One, yaitu belakang 13 megapiksel dan depan 5 megapiksel.

Fitur yang ditambahkan adalah diafragma lensa lebih besar yaitu f/2.0 dan autofokus laser yang menjanjikan performa lebih cepat dan hasil bidikan lebih baik di waktu siang atau malam hari.

Software

Dari sisi software, baik OnePlus One maupun OnePlus 2 sama-sama menggunakan sistem operasi buatan mereka sendiri, yaitu Oxygen OS. Jadi pada dasarnya keduanya memiliki kinerja software yang sama.

Namun bedanya, OnePlus One pada mulanya dirilis dengan OS buatan pengoprek custom ROM Android, CyanogenMod.

OnePlus telah menghentikan kerja samanya dengan CyanogenMod dan mengembangkan sistem operasi mereka sendiri yaitu OxygenOS yang berbasis pada Andorid 5.1 Lollipop.

Berikut adalah perbandingan spesifikasi umum antara OnePlus One dengan OnePlus 2, seperti dikutip KompasTekno dari Android Authority, Selasa (28/7/2015).

     
Spesifikasi OnePlus One OnePlus 2
Layar LCD 5,5 inci resolusi 1920 x 1080 401ppi LCD 5,5 inci Full HD
Prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 801 2,5 GHz Snapdragon 810 1,8 GHz
RAM 3 GB 3 atau 4 GB (tergantung penyimpanan)
Penyimpanan 16 dan 64 GB 16 dan 64 GB
Software CyanogenMod OS atau OxygenOS OxygenOS basis Android 5.1
MicroSD Tidak Tidak
Dual-SIM Tidak Ya
Wireless Charging Tidak Tidak
Sensor sidik jari Tidak Ya
Kamera Belakang 13 megapiksel sensor Sony Exymor f/2.0, depan 5 megapiksel Belakang 13 megapiksel sensor Sony Exymor f/2.0, laser autofocus, depan 5 megapiksel
Baterai 3.100 mAh 3.300 mAh
Dimensi/Bobot 152,9 x 75,9 x 8,9 mm
162 gram
151,8 x 74,9 x 9,85 mm, 175 gram
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.