Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 10 Sudah Bisa Diunduh, Ini Link Download-nya

Kompas.com - 29/07/2015, 12:56 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Windows 10 versi final akhirnya mulai tersedia secara resmi. Setelah ada di masa beta selama sembilan bulan, sistem operasi teranyar Microsoft tersebut sudah bisa diunduh pengguna Windows di Indonesia mulai siang ini, Rabu (29/7/2015).

Sesuai janjinya, laptop atau PC yang menggunakan OS Windows 7 atau Windows 8.1 bisa mengunduh dan memasang Windows 10 ini secara gratis.

Untuk menggunakan Windows 10, pengguna harus mengunduh file instalasi Windows 10 melalui tautan berikut ini. Di tautan tersebut, pengguna diminta mengunduh file awal instalasi Windows 10 32-bit atau 64-bit.

Besarnya file tersebut tidak terlalu besar, hanya sekitar 19 MB saja. Setelah di-install, sistem secara otomatis akan mengunduh file Windows 10. Sebaiknya, sisakan media penyimpanan sekitar 3 hingga 4 GB untuk file unduhan Windows 10 tersebut.

Ada dua pilihan instalasi Windows 10. Pertama, langsung meng-upgrade Windows lama ke Windows 10. Saat dicoba, opsi pertama ini belum berfungsi.

Opsi kedua yaitu membuat paket instalasi ke USB flashdisk atau membuat file ISO. Opsi kedua memungkinkan hasil unduhan bisa digunakan untuk meng-install Windows 10 di komputer lain.

screenshot Carilah logo Windows baru di area notifikasi, tepatnya sudut kanan barah.
Cara lain, pengguna bisa mendapatkan Windows 10 melalui aplikasi Get Windows 10. Semua sistem komputer yang memenuhi syarat, biasanya akan mendapatkan aplikasi tersebut bersamaan dengan update Windows beberapa waktu lalu.

Namun demikian, pantauan KompasTekno, belum semua perangkat bisa mengunduh file instalasi itu menggunakan metode di atas. Pengguna harus mengantre karena Microsoft harus menyebarkan file tersebut kepada jutaan perangkat di seluruh dunia.

Aplikasi Get Windows 10 dapat dilihat di sudut kanan bawah taskbar, tepat di deretan notifikasi. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mendaftar untuk mendapatkan file instalasi tersebut. Nantinya, aplikasi tersebut akan memberikan notifikasi, apabila Windows 10 sudah siap untuk diunduh.

Pengguna juga bisa mengecek apakah komputer yang digunakan kompatibel atau tidak dengan Windows 10.

Apakah Anda sudah menggunakan Windows 10? Mari berbagi pengalaman menggunakan OS tersebut melalui kolom komentar di bagian bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com