Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Bisa Kirim Pesan WhatsApp Pakai "OK Google"

Kompas.com - 29/07/2015, 16:14 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Google telah merilis pembaruan atau update untuk aplikasi Google Now. Dalam versi terbarunya, pengguna Android kini bisa mengirimkan pesan melalui aplikasi pihak ketiga hanya dengan menggunakan suara pengguna.

Dalam pembaruan kali ini, aplikasi messenger yang sudah didukung oleh fitur tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Rabu (29/7/2015), adalah WhatsApp, WeChat, Viber, Telegram, dan NextPlus.

Aplikasi yang didukung tersebut memang masih belum terlalu banyak, tetapi sudah melingkupi berbagai aplikasi populer yang memiliki basis pengguna yang besar, seperti WhatsApp dan WeChat.

Cara penggunaan fitur tersebut cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengucapkan kalimat, sebagai contoh, "OK Google, send a WhatsApp message." Dari situ, Google Now akan menanyakan, kepada siapa pesan akan dikirim.

Sebut saja nama orang yang ada di daftar kontak WhatsApp. Kemudian, katakan pesan yang akan dikirim. Setelah itu, sistem akan menanyakan, apakah pesan benar-benar ingin dikirim atau tidak. Jika iya, katakan "yes".

Pengguna juga bisa langsung menggunakan satu kalimat penuh untuk mengirimkan pesan. Sebagai contoh, "OK Google, send a message to KompasTekno: Hi How are you?". Secara otomatis, sistem akan mengirimkan pesan, "Hi How are you?" kepada KompasTekno.

Fitur ini tentunya tidak bisa digunakan apabila pengguna belum mengaktifkan fitur suara di Google Now. Cara mengaktifkannya, pilih Google Settings, kemudian Search & Now, pilih Voice, OK Google Detection, terakhir nyalakan fitur From Any Screen.

Untuk saat ini, fitur tersebut baru mendukung bahasa Inggris saja. Raksasa internet tersebut berjanji untuk menghadirkan dukungan terhadap bahasa lain pada masa yang akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com