Kompas.com - 29/07/2015, 16:14 WIB
Google Now kini bisa menampilkan informasi dari 40 aplikasi pihak ketiga GoogleGoogle Now kini bisa menampilkan informasi dari 40 aplikasi pihak ketiga
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Google telah merilis pembaruan atau update untuk aplikasi Google Now. Dalam versi terbarunya, pengguna Android kini bisa mengirimkan pesan melalui aplikasi pihak ketiga hanya dengan menggunakan suara pengguna.

Dalam pembaruan kali ini, aplikasi messenger yang sudah didukung oleh fitur tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Rabu (29/7/2015), adalah WhatsApp, WeChat, Viber, Telegram, dan NextPlus.

Aplikasi yang didukung tersebut memang masih belum terlalu banyak, tetapi sudah melingkupi berbagai aplikasi populer yang memiliki basis pengguna yang besar, seperti WhatsApp dan WeChat.

Cara penggunaan fitur tersebut cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengucapkan kalimat, sebagai contoh, "OK Google, send a WhatsApp message." Dari situ, Google Now akan menanyakan, kepada siapa pesan akan dikirim.

Sebut saja nama orang yang ada di daftar kontak WhatsApp. Kemudian, katakan pesan yang akan dikirim. Setelah itu, sistem akan menanyakan, apakah pesan benar-benar ingin dikirim atau tidak. Jika iya, katakan "yes".

Pengguna juga bisa langsung menggunakan satu kalimat penuh untuk mengirimkan pesan. Sebagai contoh, "OK Google, send a message to KompasTekno: Hi How are you?". Secara otomatis, sistem akan mengirimkan pesan, "Hi How are you?" kepada KompasTekno.

Fitur ini tentunya tidak bisa digunakan apabila pengguna belum mengaktifkan fitur suara di Google Now. Cara mengaktifkannya, pilih Google Settings, kemudian Search & Now, pilih Voice, OK Google Detection, terakhir nyalakan fitur From Any Screen.

Untuk saat ini, fitur tersebut baru mendukung bahasa Inggris saja. Raksasa internet tersebut berjanji untuk menghadirkan dukungan terhadap bahasa lain pada masa yang akan datang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.