Kompas.com - 29/07/2015, 17:39 WIB
Microsoft Indonesia meresmikan ketersediaan Windows 10 di Indonesia, Rabu (29/7/2015). Deliusno/KOMPAS.comMicrosoft Indonesia meresmikan ketersediaan Windows 10 di Indonesia, Rabu (29/7/2015).
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran global, Windows 10 resmi dirilis di pasar Indonesia, Rabu (29/7/2015). Mulai hari ini, sistem operasi terbaru milik Microsoft ini bisa digunakan secara gratis bagi pengguna PC dan tablet berbasis Windows 7 dan Windows 8.1 original.

Menurut President Director Microsoft Indonesia Andreas Diantoro, Indonesia merupakan negara kelima di dunia yang kedatangan Windows 10 ini.

"Ini adalah hari yang bersejarah bagi Microsoft. Saat matahari terbit tadi pagi, Microsoft resmi merilis Windows 10 di Selandia Baru, diikuti Sydney, dan Singapura. Indonesia merupakan negara kelima yang secara resmi merilis sistem operasi ini," ujar Andreas di acara peluncuran Windows 10 di Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Andreas mengatakan, Windows 10 versi final merupakan hasil umpan balik dari jutaan pengguna Windows dari 100 negara dalam program Windows Insider. "Sekitar lima juta orang dalam program Windows Insider membantu pengembangan Windows 10," tutur Andreas.

Selain itu, Andreas juga mengungkapkan bahwa sistem itu akan tersedia untuk berbagai perangkat, baik untuk di produk mobile dan PC desktop.

Pengembang aplikasi pun tidak akan kesulitan untuk membuat aplikasi di atas Windows 10. Pasalnya, OS ini bersifat universal, alias bisa berjalan di semua platform, baik mobile maupun dekstop.

"Satu platform untuk berbagai perangkat, seperti PC, laptop, smartphone, dan tablet," kata Andreas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lucky Gani, Business Group Lead Windows, Microsoft Indonesia, ‎menjelaskan, apabila pengguna menggunakan Windows 8.1 ata Windows 7 versi Home Basic dan Home Premium akan mendapatkan upgrade gratis ke Windows 10 versi Home.

Sementara itu, pengguna Windows 8.1 Pro dan Windows 7 Professional dan Ultimate akan mendapatkan Windows 10 Pro.

Bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 yang telah reservasi upgrade ke Windows 10 akan mendapatkan notifikasi secara bertahap ketika upgrade telah siap untuk di-install. Setelah mendapatkan notifikasi, pengguna bisa mengunduh Windows 10 secara over-the-air.

Mulai Rabu ini, pengguna yang telah memesan untuk upgrade tersebut akan diberikan notifikasi secara berkala ketika upgrade telah siap untuk dilakukan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.