Windows 10 Lahir Gara-gara Microsoft Salah Duga

Kompas.com - 31/07/2015, 10:51 WIB
Tampilan Start Menu di Windows 10 New York TimesTampilan Start Menu di Windows 10
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Dua tahun lalu Microsoft merilis Windows 8 dengan berbagai perubahan. Saat itu, sistem operasi tersebut diharap bisa mendulang sukses dan diadopsi oleh banyak orang.

Microsoft benar-benar merombak keseluruhan tampilan Windows 8 demi mengoptimalkannya untuk layar sentuh atau tablet. Bahkan raksasa software itu dengan "berani" menghilangkan tombol Start yang sudah 17 tahun mengisi bagian kiri bawah layar di interface Windows.

Kepala Manajer Program Microsoft Chaitanya Sareen beralasan, pengguna sudah jarang memakai Start Menu dan lebih suka menaruh icon program di bagian taskbar yang terletak di samping tombol Start.

Sebagai ganti tombol khas tersebut, Microsoft membuat Start Screen yang bisa diakses dengan menekan logo Windows di keyboard. Cara lain adalah menggerakkan kursor ke sisi kanan layar sampai muncul Charms Bar dan membukanya dari sana.

Start Screen tidak jelek, bahkan bisa dikatakan menarik. Tampilannya elegan, interface Metro yang dioptimalkan untuk layar sentuh tadi membuat setiap aplikasi tampil dalam bentuk kotak warna-warni yang sanggup memuat kilasan informasi.

Sayangnya, Microsoft salah duga. Pengguna Windows tidak menganggap tombol Start sebagai sesuatu yang tidak berarti dan mudah saja digantikan dengan fitur baru. Apalagi setelah belasan tahun memakainya.

Menghilangkan tombol Start bisa dibilang sebagai salah satu kesalahan yang dilakukan Microsoft pada Windows 8. Di kemudian hari, Microsoft berusaha mengoreksi kesalahan itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kembalinya tombol Start

Setelah lewat setahun, tepatnya pada update Windows 8.1, seolah ragu dengan keputusan yang dibikinnya sendiri, akhirnya Microsoft mengembalikan tombol Start ke tempat semula.

Selain itu mereka juga mengubah mekanisme booting Windows supaya bisa diatur agar langsung masuk ke tampilan desktop, bukan Start Screen seperti yang terjadi secara default pada Windows 8.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.