Kompas.com - 31/07/2015, 12:32 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Meski masih terlalu dini, tanda-tanda kesuksesan Windows 10 sudah mulai terlihat. Dalam 24 jam pertama kehadirannya, OS teranyar Microsoft tersebut sudah diunduh lebih dari 14 juta kali. Capaian tersebut diumumkan Microsoft melalui blog perusahaan, Kamis (30/7/2015).

Jumlah unduhan itu dikatakan masih bakal terus bertambah dalam beberapa hari belakangan ini. Microsoft mengungkapkan, belum semua pemesan Windows 10 yang menerima file update OS tersebut.

Pemesan yang dimaksud adalah pengguna Windows 7 atau Windows 8.1 yang menyatakan siap menerima update Windows 10 melalui aplikasi Get Windows 10.

Angka unduhan hingga 14 juta dapat dikatakan sebagai prestasi luar biasa bagi Microsoft. Pasalnya, OS versi sebelumnya, Windows 8, tidak mendapatkan sambutan sebaik itu.

Sistem operasi tersebut dirilis pada tanggal 1 Agustus 2012, menjelang akhir pekan. Nah, selama akhir pekan itu, jumlah unduhan Windows 8 tidak sebaik yang diharapkan, hanya sekitar 4 juta saja.

Microsoft tentunya tidak mau mengulang kegagalan tersebut di Windows 10. Oleh karena itu, raksasa software ini tampak begitu agresif dalam memasarkannya.

Salah satu strategi yang diterapkan adalah dengan menghadirkan aplikasi Get Windows 10 di Windows 7 dan Windows 8.1 secara otomatis sebagai bagian dari Windows Update.

Dengan adanya aplikasi tersebut, pengguna kedua OS tersebut bisa mengetahui kapan Windows 10 tersedia dan mengunduh secara otomatis file instalasinya.

Selain itu, strategi lain dari Microsoft adalah dengan menggratiskan upgrade Windows 10 secara gratis bagi pengguna Windows 7 dan 8.1 versi original, bukan bajakan.

Microsoft juga membekali Windows 10 dengan berbagai fitur menarik, seperti asisten digital Cortana dan browser internet baru Microsoft Edge. Selain itu, tombol Start juga sudah benar-benar kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.