Transformasi Tombol "Start" dari Windows 95 hingga Windows 10

Kompas.com - 31/07/2015, 21:02 WIB
Ilustrasi tampilan tombol Start versi awal di Windows 95, yang disertai label click here to begin sebagai petunjuk fungsinya, Peter Bright/ YouTubeIlustrasi tampilan tombol Start versi awal di Windows 95, yang disertai label click here to begin sebagai petunjuk fungsinya,
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

 

KOMPAS.com - Menu Start yang diakses lewat icon tombol bernama sama adalah bagian tak terpisahkan dari  Windows. Ia telah menjadi bagian sistem operasi tersebut selama 20 tahun lamanya sejak pertama muncul pada 1995.

Saking lekatnya dengan Windows, bahkan Microsoft pun "terpaksa" mengembalikan menu Start tradisional di Windows 10 yang baru resmi meluncur, setelah sempat absen pada Windows 8.

Sebelum mencapai bentuknya kini, menu Start mengalami evolusi perlahan. Microsoft secara berangsur menerapkan perubahan-perubahan kecil, dari satu versi Windows ke versi lain yang lebih baru.

Seperti apa? Ikuti sekelumit perjalanannya yang KompasTekno rangkum dari ArsTechnica, Kamis (30/7/2015).

Berawal dari "Chicago"

Andrew Cunningham/ ArsTechnica Purwarupa tombol dan menu Start di sistem operasi Windows "Chicago"

Tombol dan menu Start memulai debut perdananya bukan pada Windows 95, melainkan OS eksperimental berkode nama "Chicago" yang merupakan cikal bakal sistem operasi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam Chicago, menu Start masih tampak primitif dan terdiri dari tiga tombol berbeda. Tombol "Start" yang dilabeli logo jendela Windows berfungsi menangani window dan manajemen aplikasi. Tombol kedua yang bersimbol tanda tanya adalah launcher aplikasi. Sementaram tombol ketiga yang berlabel "mata" menjalankan fungsi help dan search.

Fungsi-fungsi dari ketiga tombol tersebut berbeda akhirnya disatukan ke dalam Start menu sehingga lebih praktis dan terintegrasi.

Windows 95

Andrew Cunningham/ ArsTechnica Tombol dan menu Start saat pertama muncul di sistem operasi Windows 95

Pada sistem operasi ini, publik pengguna komputer untuk pertama kalinya berkenalan dengan tombol dan menu Start. Windows 95 menciptakan pondasi antarmuka Windows modern yang kita kenal hingga sekarang.

Menu Start versi awal pada Windows 95 terbilang sederhana. Fungsi utamanya adalah sebagai launcher aplikasi Windows (dari bagian "program). Ada juga akses ke sejumlah hal seperti setting komputer, pencarian file, dan recently opened files.

Windows NT 4.0

Andrew Cunningham/ ArsTechnica Tombol dan menu Start di sistem operasi Windows NT 4.0

Windows NT adalah versi korporat dari sistem operasi Windows yang berbasis kernel NT dan secara umum lebih stabil. Pada Windwos NT versi 4.0 yang dirilis pada 1996, Microsoft turut memboyong menu Start dari sang saudara, Windows 95.

Tampilan tombol dan menu Start pada Windows NT hampir sama persis dengan Windows 95. Hanya saja, di Windows NT, aplikasi-aplikasi di bagian "programs" terbelah menjadi dua, yakni grup aplikasi yang terpasang untuk semua pengguna komputer, dan grup aplikasi yang hanya tersedia untuk pemilik akun aktif.

Windows 98

Andrew Cunningham/ ArsTechnica Tombol dan menu Start di sistem operasi Windows 98

Integrasi Internet Explorer 4 dan Windows Desktop Update pada Windows 98 turut menghadirkan sejumlah tambahan fitur di menu Start sistem operasi yang bersangkutan.

Pengguna Windows 98 ketika itu, misalnya, bisa menemukan folder "Favorites" yang berisi tautan ke laman-laman internet, juga opsi Windows Update yang bercokol di atas menu Start.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.