Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transformasi Tombol "Start" dari Windows 95 hingga Windows 10

Kompas.com - 31/07/2015, 21:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

 

KOMPAS.com - Menu Start yang diakses lewat icon tombol bernama sama adalah bagian tak terpisahkan dari  Windows. Ia telah menjadi bagian sistem operasi tersebut selama 20 tahun lamanya sejak pertama muncul pada 1995.

Saking lekatnya dengan Windows, bahkan Microsoft pun "terpaksa" mengembalikan menu Start tradisional di Windows 10 yang baru resmi meluncur, setelah sempat absen pada Windows 8.

Sebelum mencapai bentuknya kini, menu Start mengalami evolusi perlahan. Microsoft secara berangsur menerapkan perubahan-perubahan kecil, dari satu versi Windows ke versi lain yang lebih baru.

Seperti apa? Ikuti sekelumit perjalanannya yang KompasTekno rangkum dari ArsTechnica, Kamis (30/7/2015).

Berawal dari "Chicago"

Andrew Cunningham/ ArsTechnica Purwarupa tombol dan menu Start di sistem operasi Windows "Chicago"

Tombol dan menu Start memulai debut perdananya bukan pada Windows 95, melainkan OS eksperimental berkode nama "Chicago" yang merupakan cikal bakal sistem operasi tersebut.

Dalam Chicago, menu Start masih tampak primitif dan terdiri dari tiga tombol berbeda. Tombol "Start" yang dilabeli logo jendela Windows berfungsi menangani window dan manajemen aplikasi. Tombol kedua yang bersimbol tanda tanya adalah launcher aplikasi. Sementaram tombol ketiga yang berlabel "mata" menjalankan fungsi help dan search.

Fungsi-fungsi dari ketiga tombol tersebut berbeda akhirnya disatukan ke dalam Start menu sehingga lebih praktis dan terintegrasi.

Windows 95

Andrew Cunningham/ ArsTechnica Tombol dan menu Start saat pertama muncul di sistem operasi Windows 95

Pada sistem operasi ini, publik pengguna komputer untuk pertama kalinya berkenalan dengan tombol dan menu Start. Windows 95 menciptakan pondasi antarmuka Windows modern yang kita kenal hingga sekarang.

Menu Start versi awal pada Windows 95 terbilang sederhana. Fungsi utamanya adalah sebagai launcher aplikasi Windows (dari bagian "program). Ada juga akses ke sejumlah hal seperti setting komputer, pencarian file, dan recently opened files.

Windows NT 4.0

Andrew Cunningham/ ArsTechnica Tombol dan menu Start di sistem operasi Windows NT 4.0

Windows NT adalah versi korporat dari sistem operasi Windows yang berbasis kernel NT dan secara umum lebih stabil. Pada Windwos NT versi 4.0 yang dirilis pada 1996, Microsoft turut memboyong menu Start dari sang saudara, Windows 95.

Tampilan tombol dan menu Start pada Windows NT hampir sama persis dengan Windows 95. Hanya saja, di Windows NT, aplikasi-aplikasi di bagian "programs" terbelah menjadi dua, yakni grup aplikasi yang terpasang untuk semua pengguna komputer, dan grup aplikasi yang hanya tersedia untuk pemilik akun aktif.

Windows 98

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com