Kompas.com - 01/08/2015, 11:08 WIB
Aquila, drone pembawa wi-fi milik Facebook RecodeAquila, drone pembawa wi-fi milik Facebook
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Facebook membangun pesawat tak berawak bertenaga matahari, yang mampu terbang dengan ketinggian antara 18.000 hingga 27.000 meter. Diberi nama Aquila, pesawat ini digunakan untuk menyebar akses Wi-Fi ke beberapa bagian di belahan dunia yang masih minim konektivitas internet.

Dilansir KompasTekno, Sabtu (1/8/2015) dari Recode, pesawat tak berawak ini bukanlah rencana atau sebatas angan belaka. Produknya sudah jadi dan saat ini siap diuji. Menurut VP Engineering Facebook Jay Parikh, Aquila dibuat di Amerika Serikat dan bakal diuji coba di sekitaran AS pada akhir tahun ini.

Hal ini bukanlah sepenuhnya kejutan dari perusahaan jejaring sosial yang didirikan Mark Zuckerberg. November lalu, Zuckerberg pernah mengatakan akan mendirikan tim untuk membuat drone.

Namun, sejak Zuckerberg mengemukakan hal tersebut, Facebook tak pernah benar-benar sesumbar terkait kelanjutan rencana sang CEO. Tahu-tahu sekarang pesawat yang dimaksud sudah siap untuk dites.

Pesawat pembawa Wi-Fi ini mampu menyebar akses internet ke area-area dengan radius 80 km dari jarak pesawat. Berat pesawat sekitar 400 kg dan pertama kali akan diuji coba pada ketinggian 21.000 hingga 24.000 meter di atas permukaan laut.

Saat ini, baru satu pesawat yang telah rampung dan sekaligus dijadikan prototipe. Ke depan, Facebook akan menelurkan pesawat-pesawat serupa untuk menyebarkan akses internet secara lebih luas.

Sesuai cita-citanya, Zuckerberg ingin menghubungkan semua orang di penjuru dunia ke ranah maya. Beberapa waktu lalu Facebook telah meluncurkan Internet.org ke beberapa negara berkembang, termasuk Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Facebook memprediksi ada 2,5 jutaan orang di dunia yang belum merasakan akses internet. Orang-orang ini yang akan dirangkul Facebook untuk saling terkoneksi dengan seluruh masyarakat dunia.

Kunjungi tautan berikut untuk melihat video tentang drone Facebook.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Recode
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.