Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Mau Rilis Ponsel Selfie 13 MP?

Kompas.com - 02/08/2015, 12:02 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber 9to5Google
KOMPAS.com - Kiprah Sony di dunia mobile hingga saat ini memang masih belum terlalu menggembirakan. Akan tetapi, hal tersebut tidak menghalangi untuk mengembangkan berbagai smartphone baru.

Saat ini, raksasa elektronik ini diketahui sedang mempersiapkan dua smartphone baru, yakni Xperia C5 Ultra dan M5. Keduanya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari 9to5Google, Minggu  (2/8/2015), bakal didapuk menjadi smartphone dengan kemampuan selfie yang luar biasa.

Informasi mengenai Xperia C5 Ultra dan M5 muncul untuk pertama kalinya di situs Mail.ru. Situs asal Rusia tersebut tampaknya secara tidak sengaja mengunggah hasil review kedua perangkat tersebut sebelum waktunya. Mail.ru sendiri sudah menghapus artikel itu, tetapi 9to5Google berhasil menerjemahkan beberapa informasi dan menyimpan foto kedua perangkat.

Jika informasi dari Mail.ru valid, Xperia C5 Ultra tampaknya bakal menjadi penerus dari ponsel selfie Sony sebelumnya, yakni C4.

Untuk mendukung kemampuan selfie, Xperia C5 Ultra dikatakan akan menggunakan kamera depan dengan lensa wide-angle 28 mm. Sensor yang digunakan adalah Sony Exmor 13 megapiksel. Besarnya resolusi tersebut meningkat jauh dibandingkan C4 yang hanya memiliki sensor 4 megapiksel.

Sensor kamera depan itu dapat dikatakan sangat besar. Pada umumnya, smartphone yang beredar belakangan ini menggunakan sensor gambar 5 megapiksel untuk kamera bagian depan.

Selain itu, C5 Ultra dilaporkan dipersenjatai SoC MediaTek dengan clock-speed 1,7 GHz octa-core, RAM 2 GB, media penyimpanan berkapasitas 16 GB yang dapat ditingkatkan menggunakan kartu microSD hingga 128 GB, dukungan penggunaan dua karu SIM, dan baterai 2.930 mAh.

Sementara itu, Xperia M5 dikatakan memiliki banyak persamaan dari segi desain fisik dengan smartphone yang baru saja diluncurkan oleh Sony, Xperia Z3 Plus atau Xperia Z4. Salah satunya datang dari segi layar, yakni sama-sama menggunakan bentang 5 inci.

Sony dikatakan akan membenamkan kamera 13 megapiksel di bagian depannya, sama dengan Xperia C5 Ultra. Perbedaannya terletak di kamera bagian belakang. M5 dikatakan akan menggunakan kamera 21,5 megapiksel dengan aperture F 2.2. Ia juga bisa mengambil gambar 5x zoom tanpa kehilangan kualitas gambar yang terlalu berarti.

Spesifikasi lain dari Xperia M5 adalah MediaTek Helio X10 2 GHz 8 core, RAM 3 GB, media penyimpanan berkapasitas 16 GB dengan dukungan kartu microSD 128 GB, dan baterai 2.600 mAh.

Menurut kabar yang berkembang, baik Xperia C5 Ultra dan Xperia M5 sudah akan dikenalkan dalam waktu dekat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com