Kompas.com - 02/08/2015, 12:02 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Kiprah Sony di dunia mobile hingga saat ini memang masih belum terlalu menggembirakan. Akan tetapi, hal tersebut tidak menghalangi untuk mengembangkan berbagai smartphone baru.

Saat ini, raksasa elektronik ini diketahui sedang mempersiapkan dua smartphone baru, yakni Xperia C5 Ultra dan M5. Keduanya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari 9to5Google, Minggu  (2/8/2015), bakal didapuk menjadi smartphone dengan kemampuan selfie yang luar biasa.

Informasi mengenai Xperia C5 Ultra dan M5 muncul untuk pertama kalinya di situs Mail.ru. Situs asal Rusia tersebut tampaknya secara tidak sengaja mengunggah hasil review kedua perangkat tersebut sebelum waktunya. Mail.ru sendiri sudah menghapus artikel itu, tetapi 9to5Google berhasil menerjemahkan beberapa informasi dan menyimpan foto kedua perangkat.

Jika informasi dari Mail.ru valid, Xperia C5 Ultra tampaknya bakal menjadi penerus dari ponsel selfie Sony sebelumnya, yakni C4.

Untuk mendukung kemampuan selfie, Xperia C5 Ultra dikatakan akan menggunakan kamera depan dengan lensa wide-angle 28 mm. Sensor yang digunakan adalah Sony Exmor 13 megapiksel. Besarnya resolusi tersebut meningkat jauh dibandingkan C4 yang hanya memiliki sensor 4 megapiksel.

Sensor kamera depan itu dapat dikatakan sangat besar. Pada umumnya, smartphone yang beredar belakangan ini menggunakan sensor gambar 5 megapiksel untuk kamera bagian depan.

Selain itu, C5 Ultra dilaporkan dipersenjatai SoC MediaTek dengan clock-speed 1,7 GHz octa-core, RAM 2 GB, media penyimpanan berkapasitas 16 GB yang dapat ditingkatkan menggunakan kartu microSD hingga 128 GB, dukungan penggunaan dua karu SIM, dan baterai 2.930 mAh.

Sementara itu, Xperia M5 dikatakan memiliki banyak persamaan dari segi desain fisik dengan smartphone yang baru saja diluncurkan oleh Sony, Xperia Z3 Plus atau Xperia Z4. Salah satunya datang dari segi layar, yakni sama-sama menggunakan bentang 5 inci.

Sony dikatakan akan membenamkan kamera 13 megapiksel di bagian depannya, sama dengan Xperia C5 Ultra. Perbedaannya terletak di kamera bagian belakang. M5 dikatakan akan menggunakan kamera 21,5 megapiksel dengan aperture F 2.2. Ia juga bisa mengambil gambar 5x zoom tanpa kehilangan kualitas gambar yang terlalu berarti.

Spesifikasi lain dari Xperia M5 adalah MediaTek Helio X10 2 GHz 8 core, RAM 3 GB, media penyimpanan berkapasitas 16 GB dengan dukungan kartu microSD 128 GB, dan baterai 2.600 mAh.

Menurut kabar yang berkembang, baik Xperia C5 Ultra dan Xperia M5 sudah akan dikenalkan dalam waktu dekat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber 9to5Google
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.