Kompas.com - 03/08/2015, 07:28 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Microsoft telah memberikan upgrade Windows 10 secara gratis jika pengguna melakukannya dalam masa satu tahun ke depan (hingga 29 Juli 2016). Lalu bagaimana dengan Windows bajakan?

Microsoft memang telah mengatakan bahwa pihaknya membolehkan perangkat Windows bajakan untuk diupgrade ke Windows 10, namun dengan catatan.

Sistem operasi bajakan, baik Windows 7, Windows 8, atau Windows 8.1 yang diupgrade ke Windows 10 akan tetap ditandai sebagai perangkat yang tidak asli (non-genuine).

"Walau PC non-genuine bisa di-upgrade ke WIndows 10, namun upgrade tersebut tidak mengubah keaslian lisensinya," ujar juru bicara Microsoft, seperti dikutip KompasTekno dari Computer World, Minggu (2/8/2015).

Saat ini, Windows bajakan ditandai dengan peringatan permanen yang tertera di desktop bahwa copy Windows yang dipakai tidak asli.

Peringatan lain dari Microsoft adalah gambar background desktop akan berubah menjadi hitam setiap 60 menit.

Penanda tersebut pertama kali dikeluarkan Microsoft untuk OS Windows 7, Vista, dan Windows XP, hingga dikenalkannya tombol pembunuh (kill switch) yang membatasi fungsi OS yang dipakai.

Fungsi yang bisa dijalankan hanya browser Internet Explorer, itu saja hanya dibatasi waktu satu jam.

Perlakuan yang sama bisa jadi diberikan Microsoft kepada pengguna Windows 10 yang melakukan upgrade dari Windows 7 atau Windows 8 dan 8.1 bajakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.