Kompas.com - 03/08/2015, 10:04 WIB
IsoHunt memasukkan banyak film dan acara tv populer untuk diunduh ilegal. BBCIsoHunt memasukkan banyak film dan acara tv populer untuk diunduh ilegal.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Perusahaan-perusahaan pemegang hak karya cipta ramai-ramai mengirim surat kepada Google untuk menghapus tautan yang menuju ke produk bajakan di halaman pencariannya.

Permintaan untuk menghapus tautan bajakan dari halaman Google itu semakin meningkat. Bahkan, dikutip KompasTekno dari Torrentfreak, Minggu (2/8/2015), jumlah tautan bajakan yang dihapus Google mencapai 18 tautan per detiknya. Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat dengan cepat.

Perusahaan pemilik hak arya cipta ingin agar konsumen dijauhkan dari halaman yang berisi produk bajakannya. Karena itu, pemegang hak cipta mengirimkan surat DMCA (Digital Millenium Copyright Act) Takedown kepada Google.

Permintaan tersebut telah meningkat secara dramatis dalam satu tahun. Di tahun 2008 lalu, Google menerima hanya belasan permintaan penghapusan dalam satu tahun, namun jumlah tersebut kini didapat Google hanya dalam hitungan detik.

Minggu lalu bahkan Google mencapai rekor 12,5 juta laporan tautan yang berisi konten bajakan hanya dalam tujuh hari.

Dalam satu bulan terakhir, jumlah pelapor pemilik hak karya cipta mencapai 2.600 dengan jumlah domain yang ditarget mencapai 77.514 domain terpisah.

Walau sudah sering meminta penghapusan tautan, namun banyak pemegang hak karya cipta yang kecewa dengan cara Google menghadapi masalah pembajakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Grup seperti RIAA (Recording Industry Association of America) dan MPAA (Motion Picture Association of America) telah berkali-kali meminta Google untuk melakukan sesuatu untuk mencegah konten bajakan muncul di hasil pencariannya.

Google sendiri telah mengubah algoritma mesin pencariannya pada Oktober tahun lalu. Perubahan tersebut merupakan perubahan yang paling signifikan yang dilakukan Google, yaitu dengan menurunkan ranking pencarian terhadap tautan yang mengandung materi bajakan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.