Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Android Nvidia Ditarik dari Pasaran

Kompas.com - 03/08/2015, 14:35 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Beta News
KOMPAS.com - Nvidia memutuskan menarik tablet gaming Shield dari pasaran. Penyebabnya, ditemukan masalah pada baterai yang berpotensi membuat tablet Android tersebut mengalami kelebihan panas (overheating).

Tidak itu saja, Nvidia menduga, tablet Shield buatannya itu bisa saja terbakar akibat masalah baterai tersebut. Atas masalah ini, perusahaan yang besar di produk kartu grafis ini menyarankan untuk mematikan, tidak mengisi daya, dan berhenti menggunakannya.

"Nvidia mengumumkan penarikan sukarela dari tablet 8 inci Shield yang dijual dari Juli 2014 dan Juni 2015, yang akan ditukar oleh perusahaan. Nvidia telah menetapkan bahwa baterai di tablet ini dapat menjadi terlalu panas, bisa menyebabkan bahaya kebakaran," tutur Nvidia, seperti KompasTekno rangkum dari Betanews, Senin (3/8/2015).

Pihak Nvidia mendorong pemilik Shield untuk mengunjungi situs web penarikan tablet tersebut. Melalui situs itu, pemilik dapat mendapatkan informasi cara pengembalian dan cara mendapatkan penggantinya.

Melalui situs itu pula, Nvidia mengungkapkan bahwa Shield memiliki dua tipe baterai, yakni Y01 dan B01. Baterai yang bermasalah memiliki kode Y01.

Jadi, apabila Anda memiliki Shield dengan tipe baterai B01, tidak perlu mengembalikan dan menukar perangkat tersebut. Untuk melihat tipe baterai yang digunakan, silahkan kunjungi bagian Setting, About Tablet, dan pilih Status.

Ini bukan masalah pertama yang dihadapi oleh Shield, terutama untuk overheating di baterai. Beberapa bulan setelah perangkat itu dirilis, beberapa pengguna mengeluhkan adanya retakan di casing Shield yang disebabkan oleh panasnya baterai.

Nvidia Shield dirilis untuk pertama kalinya pada Juli 2014 lalu. Tablet itu disebut-sebut sebagai tablet Android terbaik yang ada saat ini karena performa yang dimilikinya.

Pihak Nvidia sendiri mengklaim penarikan perangkat tersebut hanya terjadi di Shield saja. "Recall tidak memengaruhi produk Nvidia lain," tulis Nvidia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Beta News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com