Kompas.com - 03/08/2015, 14:35 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Nvidia memutuskan menarik tablet gaming Shield dari pasaran. Penyebabnya, ditemukan masalah pada baterai yang berpotensi membuat tablet Android tersebut mengalami kelebihan panas (overheating).

Tidak itu saja, Nvidia menduga, tablet Shield buatannya itu bisa saja terbakar akibat masalah baterai tersebut. Atas masalah ini, perusahaan yang besar di produk kartu grafis ini menyarankan untuk mematikan, tidak mengisi daya, dan berhenti menggunakannya.

"Nvidia mengumumkan penarikan sukarela dari tablet 8 inci Shield yang dijual dari Juli 2014 dan Juni 2015, yang akan ditukar oleh perusahaan. Nvidia telah menetapkan bahwa baterai di tablet ini dapat menjadi terlalu panas, bisa menyebabkan bahaya kebakaran," tutur Nvidia, seperti KompasTekno rangkum dari Betanews, Senin (3/8/2015).

Pihak Nvidia mendorong pemilik Shield untuk mengunjungi situs web penarikan tablet tersebut. Melalui situs itu, pemilik dapat mendapatkan informasi cara pengembalian dan cara mendapatkan penggantinya.

Melalui situs itu pula, Nvidia mengungkapkan bahwa Shield memiliki dua tipe baterai, yakni Y01 dan B01. Baterai yang bermasalah memiliki kode Y01.

Jadi, apabila Anda memiliki Shield dengan tipe baterai B01, tidak perlu mengembalikan dan menukar perangkat tersebut. Untuk melihat tipe baterai yang digunakan, silahkan kunjungi bagian Setting, About Tablet, dan pilih Status.

Ini bukan masalah pertama yang dihadapi oleh Shield, terutama untuk overheating di baterai. Beberapa bulan setelah perangkat itu dirilis, beberapa pengguna mengeluhkan adanya retakan di casing Shield yang disebabkan oleh panasnya baterai.

Nvidia Shield dirilis untuk pertama kalinya pada Juli 2014 lalu. Tablet itu disebut-sebut sebagai tablet Android terbaik yang ada saat ini karena performa yang dimilikinya.

Pihak Nvidia sendiri mengklaim penarikan perangkat tersebut hanya terjadi di Shield saja. "Recall tidak memengaruhi produk Nvidia lain," tulis Nvidia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Beta News


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.