Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Smartphone yang Paling Cepat Di-charge

Kompas.com - 04/08/2015, 10:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Selama beberapa tahun terakhir, spesifikasi smartphone terus berkembang. Inovasi teknologi memungkinkan vendor mengusung produk dengan prosesor yang lebih cepat, RAM yang lebih besar, koneksi lebih mumpuni, dan layar lebih luas.

Sayangnya, pengembangan tersebut tak diiringi peningkatan kualitas baterai. Bahkan, untuk menunjuang tren desain ponsel tipis, beberapa vendor memilih mengecilkan ukuran baterai.

Hasilnya, baterai tak mampu menopang segala spesifikasi smartphone. Baterai jadi mudah panas dan boros pemakaian. Beberapa vendor berusaha memperbaiki masalah ini dengan membenamkan teknologi pengisian daya cepat (quick-charging) pada smartphone.

Jadi, walaupun ketahanan baterai masih jadi isu yang lekat pada smartphone, setidaknya pengguna tak butuh waktu lama untuk mengisi kembali daya perangkatnya. Berikut lima smartphone kelas premium dengan teknologi quick-charging paling mumpuni. 

1. Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge

Oik Yusuf/ Kompas.com Edisi keempat Gorilla Glass ini juga berhasil melewati pengujian “drop test” dengan imbas kejatuhan 80 persen lebih keras dari versi sebelumnya.

Duet Galaxy S6 dan S6 Edge merupakan produk teranyar Samsung yang menyatukan baterai dengan tubuh ponsel (unibody). Artinya, pengguna tak dapat melepas baterai dari landasannya.

Beberapa orang mungkin menganggap hal ini sebagai kekurangan Galaxy S6. Namun, setidaknya duet ponsel ini memiliki kemampuan quick-charging yang mumpuni.

Sejak benar-benar mati hingga terisi 100 persen, S6 hanya membutuhkan waktu pengisian daya 76 menit. Sedangkan S6 Edge membutuhkan waktu lebih lama, yakni 83 menit.

Dari lima ponsel premium yang akan dibahas pada artikel ini, Galaxy S6 merupakan ponsel dengan teknologi quick-charging paling cakap.

2. Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge

Oik Yusuf/ Kompas.com Samsung Galaxy Note 4 dilengkapi dengan stylus

Teknologi quick-charging Samsung pertama kali dibenamkan pada flagship Galaxy Note 4 dan saudaranya Galaxy Note Edge. Untuk Note 4, perangkat mampu melakukan pengisian daya dari nol hingga 100 persen dalam waktu 95 menit. Sementara Note Edge lebih cepat, yakni hanya 82 menit.

Kedua perangkat ini memiliki baterai yang lebih besar dan tahan lama dibandingkan duet S6 dan S6 Edge. Terlebih lagi, baterai pada Note 4 dan Note Edge dapat dilepaskan dari tubuh perangkat. Sehingga, jika terjadi kerusakan baterai, pengguna dapat mengganti baterai lama dengan yang baru.

3. Google Nexus 6

Android Police Mockup Google Nexus 6

Nexus 6 memiliki spesifikasi baterai 3220 mAH. Memang kapasitas tersebut terhitung besar untuk ponsel standar. Namun, Nexus 6 adalah perangkat dengan ukuran 6 inci.

Saat dites, ketahanan baterai Nexus 6 ternyata menyamai ponsel standar pada umumnya. Untung saja, ponsel buatan Google dan Motorola ini mengintegrasikan teknologi quick-charging.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com