Pengguna Bajakan Juga Dapat Gratisan Windows 10 Original

Kompas.com - 04/08/2015, 11:15 WIB
Tampilan Start Menu di Windows 10 New York TimesTampilan Start Menu di Windows 10
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Windows 10 tersedia sebagai upgrade gratis bagi para pengguna Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1. Tawaran tersebut tentu hanya berlaku untuk sistem operasi versi original.

Microsoft pun menjelaskan bahwa upgrade Windows 10 yang dipasang pada mesin Windows bajakan akan tetap berstatus non-genuine dan tak bakal mendapat dukungan teknis.

Tapi hal sebaliknya dilaporkan justru tengah terjadi di sebagian kalangan pengguna Windows bajakan.

Menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Minggu (2/8/2015), para pembajak mengaku bisa melakukan upgrade ke Windows 10 dengan status “activated”, alias dianggap memakai software asli.

Sejumlah pengguna Windows bajakan di forum online Reddit mengatakan bahwa mereka hanya menjalankan aplikasi “Get Windows 10” untuk memperbarui sistem operasi dari mesin yang menjalankan OS bajakan.

Setelahnya, tanpa harus memakai crack, activator, serial generator, atau aneka tool pembajak lain, Windows 10 “asli” pun terpasang dengan mulus. Bahkan "product key" pun kabarnya turut didapatkan dan bisa dipakai untuk clean install di kemudian hari.

Venture Beat Screenshot OS Windows 10 dengan status activated, meski terpasang sebagai upgrade di mesin yang sebelumnya menjalankan Windows bajakan

Sebagian pembajak menjelaskan bahwa mereka telah lebih dulu mengaktifkan OS Windows 7 atau Windows 8.1 di mesin masing-masing lewat tool ilegal sebelum memasang upgrade Windows 10.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagian lagi mengaku berupaya melakukan langkah upgrade yang sama, tapi gagal karena Windows 10 yang terpasang tetap dianggap sebagai software bajakan dan tidak berstatus aktif.

Belum jelas betul mengapa hal ini bisa terjadi. Ada kemungkinan pendeteksi keaslian software dari Microsoft akan menganggap Windows 10 bajakan sebagai barang asli, apabila OS sebelumnya sudah diaktifkan dengan tool tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.