Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Bajakan Juga Dapat Gratisan Windows 10 Original

Kompas.com - 04/08/2015, 11:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Windows 10 tersedia sebagai upgrade gratis bagi para pengguna Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1. Tawaran tersebut tentu hanya berlaku untuk sistem operasi versi original.

Microsoft pun menjelaskan bahwa upgrade Windows 10 yang dipasang pada mesin Windows bajakan akan tetap berstatus non-genuine dan tak bakal mendapat dukungan teknis.

Tapi hal sebaliknya dilaporkan justru tengah terjadi di sebagian kalangan pengguna Windows bajakan.

Menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Minggu (2/8/2015), para pembajak mengaku bisa melakukan upgrade ke Windows 10 dengan status “activated”, alias dianggap memakai software asli.

Sejumlah pengguna Windows bajakan di forum online Reddit mengatakan bahwa mereka hanya menjalankan aplikasi “Get Windows 10” untuk memperbarui sistem operasi dari mesin yang menjalankan OS bajakan.

Setelahnya, tanpa harus memakai crack, activator, serial generator, atau aneka tool pembajak lain, Windows 10 “asli” pun terpasang dengan mulus. Bahkan "product key" pun kabarnya turut didapatkan dan bisa dipakai untuk clean install di kemudian hari.

Venture Beat Screenshot OS Windows 10 dengan status activated, meski terpasang sebagai upgrade di mesin yang sebelumnya menjalankan Windows bajakan

Sebagian pembajak menjelaskan bahwa mereka telah lebih dulu mengaktifkan OS Windows 7 atau Windows 8.1 di mesin masing-masing lewat tool ilegal sebelum memasang upgrade Windows 10.

Sebagian lagi mengaku berupaya melakukan langkah upgrade yang sama, tapi gagal karena Windows 10 yang terpasang tetap dianggap sebagai software bajakan dan tidak berstatus aktif.

Belum jelas betul mengapa hal ini bisa terjadi. Ada kemungkinan pendeteksi keaslian software dari Microsoft akan menganggap Windows 10 bajakan sebagai barang asli, apabila OS sebelumnya sudah diaktifkan dengan tool tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com