Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bakal Jadi Operator Telekomunikasi?

Kompas.com - 05/08/2015, 12:18 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com — Menurut kabar yang beredar, Apple sedang mengekspansi bisnisnya ke layanan operator telekomunikasi. Perusahaan asal Cupertino ini disebut bakal menyewa spektrum dari operator telekomunikasi yang sudah berdiri.

Namun, rumor tersebut tak berlama-lama jadi tanda tanya. Dilansir KompasTekno, Rabu (5/8/2015) dari BGR, Apple membantah isu yang simpang siur di tengah masyarakat itu.

CEO Apple Tim Cook mengatakan, perusahaan berlogo apel tergigit tersebut tak pernah punya niat untuk menjadi operator telekomunikasi. Cook menegaskan bahwa fokus Apple adalah menciptakan perangkat-perangkat elektronik terbaik.

"Apple tak perlu membuat (layanan operator). Isu operator sebaiknya ditangani oleh orang-orang yang memilikinya (perusahaan telekomunikasi), dan yang mengetahui lebih banyak tentang hal itu," kata Cook.

Dengan ini, operator yang sudah eksis, seperti AT&T dan Verizon, tak perlu melanggengkan kepanikannya. Sebab, jika benar Apple masuk ke bisnis operator, tentu hal ini sedikit banyak berpengaruh terhadap bisnis operator yang sudah berdiri.

Walau Apple disebut akan menyewa spektrum dari operator di awal, tak menutup kemungkinan produsen iPhone tersebut kemudian berbalik jadi kompetitor kuat para operator.

Terlebih lagi, Apple bisa saja mendominasi pasar melalui bundling perangkat dengan layanan operatornya. Sejauh ini, Apple memang belum berencana ke arah sana. Namun, ke depan, kita tak pernah tahu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com