Facebook Luncurkan Periscope Tandingan

Kompas.com - 06/08/2015, 14:38 WIB
Tampilan Facebook Live FacebookTampilan Facebook Live
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Facebook sebenarnya sudah lama mengembangkan fitur live streaming, bahkan sebelum maraknya layanan sejenis, seperti Periscope dan Meerkat. Namun, perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut melakukannya diam-diam dan baru resmi meluncurkannya sekarang.

Fitur yang dimaksud diberi nama Live. Kalau Periscope bisa menyiarkan video siaran langsung buatan siapapun, Live, sementara ini, cuma tersedia untuk "orang-orang penting" yang menggunakan aplikasi Mentions.

Singkat kata, seperti dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (6/8/2015), bintang film seperti Dwayne "The Rock" Johnson atau petenis Serena Williams sudah bisa mengunggah streaming video mereka.

Sementara itu para pengguna Facebook yang mengikuti akun selebriti tersebut akan mendapatkan notifikasi saat para seleb itu menyiarkan dirinya. Pengguna bisa menyaksikan streaming sekaligus memberikan komentarnya daria kolom News Feed.

"Kami rasa ini akan jadi pengalaman menarik bagi tokoh masyarakat serta pengguna. Kami ingin mendapat tanggapan dari mereka seiring mengubah produk ini menjadi lebih baik," pungkas Product Manager Live, Vadim Lavrusik.

Salah satu bagian menarik dari Live adalah video yang sudah diunggah akan eksis secara permanen. Tidak seperti Periscope yang otomatis menghapus video setelah lewat dari 24 jam. Live cuma akan menghapus video yang sudah diunggah jika penggunanya memberi perintah.

Dengan demikian, imbuh Lavrusik, para selebriti atau public figure lain bisa memanfaatkan video mereka untuk menjangkau banyak orang. Terutama dengan adanya perilaku re-share, yang selama ini menyumbang 53 persen traffic kunjungan video di Facebook.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.