Kompas.com - 06/08/2015, 16:40 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Prosesor Intel Skylake, yang diumumkan pada di ajang Intel Developer Forum (IDF) pada 2014 lalu, akhirnya resmi meluncur. Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu mengawalinya dengan dua unit prosesor khusus untuk overclocker.

Prosesor yang dimaksud adalah Core i7-6700K serta Core i5-6600K untuk komputer desktop. Masing-masing prosesor berlari pada clock 4 GHz dan 3,5 GHz, dengan empat inti pemrosesan.

Sedangkan soal harga, seperti yang dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (6/8/2015), Core i7 dibanderol pada 350 dollar AS atau sekitar Rp 4,7 juta dan Core i5 dibanderol 243 dollar AS atau sekitar Rp 3,2 juta.

Prosesor baru ini disebut-sebut bakal jadi otak pemrosesan yang tangguh untuk komuter pelahap game. Keduanya sama-sama memiliki Thermal Design Power (TDP) 91 watt , yaitu ukuran panas maksimum yang dihasilkan setiap CPU saat menjalankan aplikasi.

Skylake menggunakan arsitektur 14nm dengan fokus untuk memaksimalkan tenaga yang dihasilkan. Jadi berbeda dengan Broadwell, generasi pendahulunya yang fokus pada efisiensi daya dan keiritan baterai.

Mereka juga berjanji bahwa seri K ini bukan satu-satunya prosesor yang dirancang khusus untuk overclocking. Akhir tahun ini, Intel berniat mengeluarkan prosesor serupa untuk laptop.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.