Cari Inspirasi, Risma Wali Kota Surabaya Main SimCity

Kompas.com - 08/08/2015, 13:38 WIB
Screenshot game SimCity dari Electronic Arts Electronic ArtsScreenshot game SimCity dari Electronic Arts
|
EditorOik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com — Game digital tak selamanya dikotakkan sebagai pengusir rasa bosan belaka. Menurut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, game juga bisa memberi wawasan dengan cara yang menghibur.

"Saya saja sudah tua begini masih suka main game," kata wanita berjilbab yang akrab disapa Risma ini, Sabtu (8/8/2015), di sela-sela diskusi bertema "Accelerating The Future Surabaya As a Creative Hub" pada rangkaian acara Popcon 2015 di Jakarta Convention Center.

Game yang paling sering dimainkan Wali Kota perempuan pertama di Surabaya tersebut adalah SimCity. Ia menilai game tata kota tersebut sedikit banyak memberi inspirasi dalam membangun Kota Pahlawan.

Fatimah Kartini Bohang/ Kompas.com Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kanan) didampingi CEO Kibar Yansen Kamto dalam acara diskusi di panggung PopCon Asia 2015, Jakarta (8/8/2015)

"Di situ saya belajar membangun kota dengan komprehensif. Melihat segalanya dalam cara pandang yang multisektor," ia menjelaskan.

Risma mencontohkan, saat akan membangun infrastruktur tertentu, pemerintah harus berpikir tentang pendanaan, fungsi, dan dampaknya pada kemaslahatan masyarakat. "Semuanya harus dipikirkan. Masyarakat saya senang atau tidak, dananya ada atau tidak," ia menuturkan.

Belajar apa pun, kata Risma, bisa melalui media apa saja. Politisi PDI-P ini pun mendorong anak-anak muda untuk selalu memanfaatkan teknologi secara tepat guna.

Menurut dia, sejak kecil anak-anak perlu dibekali dengan pengetahuan teknologi untuk merangsang kreativitas. "Penggunaannya harus dalam pengawasan. Makanya, saya juga menjembatani antara orangtua dan anak-anak. Generasi muda ini harus dibebaskan sekaligus diarahkan," kata Risma.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X