Pesan WhatsApp Terhapus? Begini Cara Mengembalikannya

Kompas.com - 09/08/2015, 12:14 WIB
Pesan WhatsApp yang hilang bisa dipulihkan lagi dengan syarat tertentu Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comPesan WhatsApp yang hilang bisa dipulihkan lagi dengan syarat tertentu
|
EditorOik Yusuf
Adakalanya pesan penting yang kamu simpan di WhatsApp tak sengaja terhapus. Hal seperti ini bisa merepotkan jika terjadi mendadak, apalagi jika terjadi tepat saat membutuhkan pesan itu.

Jangan panik dulu. Percakapan yang terhapus dari WhatsApp sebenarnya masih bisa dikembalikan. Bahkan bukan cuma percakapan baru saja, yang lama pun masih bisa dipulihkan.

Tapi ada syaratnya, yakni kamu harus memiliki data back up WhatsApp sesuai tanggal yang dibutuhkan. Nomor telepon yang digunakan juga mesti sama dengan nomor telepon pada aplikasi pesan instan itu.

Syarat sudah terpenuhi? Silakan ikuti langkah-langkah yang dirangkum Nextren, Kamis (6/8/2015) berikut ini:

1. Pastikan kamu memiliki data back up obrolan WhatsApp, terutama data yang dibuat pada saat pesan penting itu masih ada. Biasanya fitur back up ini bekerja secara otomatis dan menyimpan datanya di dalam memori internal atau dalam SD Card.

Back up secara manual bisa dilakukan dengan masuk ke menu Settings, menuju ke bagian Chat and Calls, lalu pilih Back Up Chats. Pada opsi back up tersebut biasanya terdapat keterangan kapan terakhir kali kamu membuat data cadangan.

2. Selanjutnya cek aplikasi File Explorer di ponsel kamu. Bila tidak memiliki aplikasi ini, cukup cari dan unduh via Google Play Store. Di sana banyak pilihan aplikasi sejenis, misalnya ES Explorer.

Buka aplikasi tersebut, lalu cari folder WhatsApp. Di dalam folder tersebut ada sejumlah folder lain dan file, carilah yang bernama Databases.

screenshot File explorer dapat dipakai untuk menemukan databases percakapan yang ingin dipulihkan
3. Nah, folder Databases ini berisi back up chat milik kamu. Setiap back up diberi nama msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt8.

Keterangan waktu, tahun-tanggal-bulan menyesuaikan dengan waktu melakukan back up otomatis atau manual. Jadi, kamu cukup memilih tanggal ketika pesan penting itu sudah datang dan belum terhapus.

Misalnya pesan penting itu datang pada 4 Agustus 2015 dan back up otomatis dilakukan setiap pukul 4.00 pagi. Maka pesan-pesan yang diterima pada 4 Agustus 2015 bisa kamu temukan pada backup otomatis tanggal 5 Agustus 2015, pukul 4.00 pagi.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X