Kompas.com - 10/08/2015, 13:38 WIB
Tampilan Blackberry Passport Silver Edition menggunakan sistem operasi Android CrackBerryTampilan Blackberry Passport Silver Edition menggunakan sistem operasi Android
|
EditorReza Wahyudi
CrackBerryTampilan Blackberry Passport Silver Edition menggunakan sistem operasi buatan Google.


KOMPAS.com —
Sudah cukup banyak bocoran ponsel BlackBerry yang memakai sistem operasi Android. Kali ini, yang muncul lebih dari sekadar bocoran desain. Beberapa foto dan sebuah video singkat menunjukkan ponsel BlackBerry Passport Silver Edition yang menjalankan sistem operasi Android.

Biasanya, bocoran foto sejenis ini dibuat dengan cara menggunakan aplikasi launcher atau mengeditnya dengan aplikasi pengolah foto. Hal yang menarik dari bocoran ini adalah, baik foto maupun videonya menunjukkan bagian-bagian yang sulit ditiru jika memakai cara-cara tersebut.

Seperti dilansir KompasTekno dari CrackBerry, Senin (10/8/2015), tanda-tanda keaslian itu bisa ditemukan antara lain dalam ikon aplikasi BlackBerry Safeguard yang tidak mungkin ditiru dengan menggunakan launcher. Aplikasi ini merupakan khas BlackBerry, dan berfungsi sebagai penjaga keamanan perangkat.

Berikutnya adalah tampilan saat perangkat dimatikan (power off). Foto tersebut menunjukkan tulisan berbahasa Portugis "desligar" dan "encerrando" yang masing-masing berarti mematikan daya ponsel serta menutup aplikasi.

CrackBerry Antarmuka Blackberry Passport Silver Edition dengan OS Android saat mematikan ponsel
CrackBerryAntarmuka Blackberry Passport Silver Edition saat mematikan ponsel

Bagian ini dipastikan tidak mungkin ditiru menggunakan launcher. Selama ini, peran launcher pada Android memang dibatasi hanya pada mengutak-atik tampilan tema, dan tidak bisa mengutak-atik atau mengubah berbagai hal yang terkait tombol on/off, Bluetooth, dan Wi-Fi.

Tanda berikutnya adalah keyboard yang sensitif terhadap sentuhan. Dalam video diperlihatkan, pengguna BlackBerry Passport versi Android itu melakukan navigasi menggunakan usapan pada keyboard. Hal seperti ini juga tidak mungkin ditiru dengan menggunakan aplikasi launcher karena merupakan fitur bawaan gadget.

Sebelumnya, sebuah bocoran sempat beredar berupa desain BlackBerry Venice yang bersistem operasi Android. Namun, bocoran tersebut berupa desain 3D saja, berbeda dengan foto kali ini yang terlihat memakai ponsel asli, bahkan lengkap dengan video singkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Crackberry
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.