Kompas.com - 10/08/2015, 16:38 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Lenovo menelikung Apple sebagai pemimpin pasar PC (desktop, notebook, tablet) global. Menurut analisa Canalys, salah satu faktornya disebabkan oleh penurunan angka penjualan iPad.

"iPad mewakili 70 persen dari total penjualan PC Apple pada kuartal kedua. Penjualan iPad terus menurun dari tahun ke tahun sejak penjualan puncaknya pada kuartal keempat 2013," kata perwakilan Canalys, sebagaimana dilaporkan TheInquirer dan dikutip KompasTekno, Senin (10/8/2015).

Menurut laporan, penjualan PC Lenovo di kuartal kedua 2015 mencapai 16 juta unit. Angka itu menyumbang 15 persen market share global.

Beda tipis, penjualan PC Apple berjumlah 15,9 juta unit. Angka tersebut meraup market share global 14,4 persen.

Secara keseluruhan, Canalys melihat adanya penurunan minat pasar pada perangkat PC. Sebab, penjualan gabungan semua vendor menurun 12 persen dari tahun sebelumnya.

Lenovo yang mendominasi pasar pun sebenarnya mengalami penurunan penjualan 5,6 persen dari kuartal kedua 2014. Terlebih bagi Apple, pabrikan Cupertino tersebut harus lapang dada menerima laporan angka penjualan yang merosot 11,1 persen.

Pabrikan kenamaan lainnya, HP dan Dell, juga mengalami gejolak pasar yang sama untuk kuartal kedua tahun ini. Walau begitu, Canalys memprediksi posisi Lenovo akan prima dalam menghadapi kelesuan penjualan saat ini.

"Dengan portofolio produk yang lebih beragam, Lenovo berada pada posisi yang lebih kuat dibandingkan Apple untuk memimpin pasar. Namun Lenovo harus mampu menghadapi berbagai tantangan untuk melangkah ke tahapan berikutnya," analis Canalys menjelaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.