Mudahnya Microsoft Cortana "Mendepak" Google Now

Kompas.com - 11/08/2015, 14:14 WIB
Cortana Re/codeCortana
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Bulan lalu, Microsoft merilis versi beta Cortana secara terbatas untuk perangkat Android. Sebelum rilis resmi, Microsoft masih akan meluncurkan beberapa versi penyempurnaan asisten personal digital miliknya untuk dibenamkan pada sistem operasi buatan Google.

Kali ini, versi yang teranyar memungkinkan pengguna Android bisa memasang Cortana dengan lebih mudah. Pengguna cukup menekan dan menahan tombol navigasi "home". Setelahnya, sistem Android akan memberi pilihan untuk memilih Google Now atau Cortana sebagai asisten personal default.

"Jika Anda memiliki Google Now pada smartphone Android yang bisa diakses dengan menekan tombol 'home', kini Anda bisa menggantinya ke Cortana,'" kata perwakilan Microsoft, sebagaimana dikutip KompasTekno, Senin (10/8/2015) dari situs resmi Microsoft. 

The Verge Versi beta terbaru Cortana untuk Android bisa gantikan Google Now sebagai asisten default

Hal ini tentu bakal memperluas jangkauan Cortana untuk menyasar pengguna Android. Pada versi beta sebelumnya, jika ingin menggunakan Cortana, pengguna harus menyetel pengaktifan melalui fitur pengaturan.

Walau pembaruan kali ini meningkatkan keterjangkauan Cortana, masih ada fitur Cortana di Windows yang belum bisa dimaksimalkan pada Android. Salah satunya adalah dukungan "Hey Cortana" untuk membangunkan pengguna dari tidur lelap.

Alasannya, masih ada keterbatasan sistem pada Android yang menghadang Cortana untuk selalu mendengarkan komando.

Diketahui, Cortana merupakan asisten yang bertugas meningkatkan produktivitas pengguna dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Misalnya membantu mengirim e-mail, mengatur jadwal, mencari situs cepat, mengakses cloud, menjadi pengingat dan sebagainya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X