Kompas.com - 12/08/2015, 08:14 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Apple pertama kali menyematkan teknologi Force Touch pada Macbook generasi terbarunya dan sudah diadaptasi ke Watch. Selanjutnya, menurut sumber yang dekat dengan rencana tersebut, mereka juga menerapkan teknologi serupa di iPhone 6S

Ponsel yang dimaksud sebenarnya masih belum meluncur, namun sumber itu mengklaim telah merasakan dengan tangannya sendiri. Dia juga menyebutkan bahwa Force Touch versi iOS tersebut diberi kode nama Orb.

Seperti dilansir KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (11/8/2015), jika benar demikian, teknologi tersebut bermanfaat untuk menjadi pemintas baru. Pengguna jadi tidak perlu menekan tombol atau membuka daftar berisi perintah-perintah tertentu.

Misalnya, saat membuka aplikasi Maps, pengguna cukup menekan agak keras pada daerah tujuan agar aplikasi tersebut mengeluarkan panduan jalan menuju ke sana.

Pada aplikasi Music, pengguna bisa menekan layar dengan agak keras untuk memunculkan menu terkait lagu yang dipilih. Fungsinya jadi mirip dengan tombol klik kanan pada mouse.

Sumber juga menyebutkan bahwa pengguna bisa membuat shortcut aplikasi hanya dengan cara memberikan sentuhan ringan pada ikon aplikasi di Home Screen. Shortcut pun bisa diatur untuk membuka bagian spesifik dari aplikasi tersebut.

Sebelumnya, rumor yang beredar menyebutkan iPhone 6S akan diluncurkan pada 9 September 2015. Jika benar-benar meluncur nanti, bentuknya akan sama dengan iPhone 6 tapi selain memiliki Force Touch, juga akan dibekali dengan peningkatan spesifikasi hardware.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.