Kompas.com - 12/08/2015, 09:22 WIB
Ilustrasi AFPIlustrasi
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Dua hal yang bikin pengguna urung sering-sering membuka Snapchat: boros data dan boros baterai. Bagaimana tidak, media sosial berbagi video dan foto ini tiap saat mengunduh otomatis video dan foto yang dibagikan teman.

Lalu, apa solusi yang ditawarkan Snapchat? Melalui pembaruan yang diluncurkan pekan ini, Snapchat memperkenalkan mode penyetelan "Travel Mode". 

Snapchat Snapchat kini bisa lebih hemat data dengan pengaturan Travel Mode

Pengguna hanya perlu menavigasikan layar ke pengaturan aplikasi di sisi kanan atas layar pada laman profil. Setelahnya pilih "Manage" dan centang pengaktifan "Travel Mode".

Dilansir KompasTekno, Selasa (11/8/2015) dari TechInsider, pengaturan tersebut akan menghentikan pengunduhan konten otomatis. Jadi, hanya video/foto teman yang ingin dilihat pengguna saja yang akan terunduh.

Pengguna cukup menekan konten tertentu pada "recent updates", maka Snapchat akan mengunduh konten tersebut. Bagi yang tak ditekan, Snapchat tak akan inisiatif mengunduh.

Pembaruan ini memang sederhana, tapi dampaknya besar. Data bisa jauh lebih hemat dan baterai pun lebih terjaga karena penggunaan data terminimalisir.

Pembaruan lain pada Snapchat versi 9.14 ini adalah kemampuan pengguna membubuhi emoji dengan lebih "semena-mena". Emoji bisa dipasang bak stiker pada foto Path melalui fitur teranyar.

Snapchat Pengguna bisa lebih ekspresif dan bebas membubuhi emoji di Snapchat dengan fitur teranyar

Fitur itu terletak di sisi kiri fitur teks. Sebelumnya, untuk menaruh emoji, pengguna harus menggunakan fitur teks yang karakternya terbatas. Dengan fitur emoji baru, pengguna bakal lebih ekspresif berkreasi. 

Pembaruan ini bisa langsung diunduh di toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.