Mengenal Lebih Dekat Alphabet, Perusahaan Pemilik Google

Kompas.com - 12/08/2015, 12:15 WIB
Alphabet, perusahaan baru yang menanungi Google. istAlphabet, perusahaan baru yang menanungi Google.
|
EditorDeliusno
Google kini menjadi anak perusahaan Alphabet, perusahaan baru yang didirikan oleh dua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin. Seperti apa Alphabet itu?

Dikutip Nextren dari blog resmi Google, Selasa (11/8/2015), Larry Page mengatakan bahwa Alphabet adalah gabungan dari banyak perusahaan, yang terbesar tentunya adalah Google.

Selain itu, Alphabet juga akan menaungi perusahaan-perusahaan teknologi lain yang fokusnya bukan hanya kepada internet, melainkan juga fokus pada hal-hal yang lebih luas, seperti kesehatan dan sebagainya.

Di antaranya adalah Life Sciences yang membuat lensa kontak mata yang bisa mendeteksi glukosa, dan Calico, perusahaan yang fokus melakukan riset soal penuaan.

Lalu, perusahaan apa saja yang saat ini berada di bawah Alphabet? Selain Life Sciences dan Calico, Alphabet akan menaungi Fiber (perusahaan internet berkecepatan tinggi), Google, Google Ventures, Google Capital, Google X, dan Nest.

CNN Money Tabel yang menggambarkan hirarki perusahaan yang berada di bawah Alphabet.

Google X adalah perusahaan yang mengembangkan teknologi mobil pintar yang bisa berjalan sendiri. Selain itu, Google X juga mengembangkan Google Glass dan balon internet Google Loon.

Nest sendiri adalah perusahaan yang memproduksi perkakas rumah tangga, seperti alarm asap, kamera pengawas, thermostat, dan peranti terkoneksi lainnya.

Bisnis pencarian internet, iklan, Android, YouTube masih tetap menjadi bagian dari Google. Selain itu, Google juga tetap memiliki bisnis pemetaan Google Maps dan aplikasi serta infrastruktur teknis yang belum ditentukan.

Manajemen Alphabet terdiri atas CEO Larry Page; President Sergey Brin; Executive Chairman Eric Schmidt; CFO Ruth Porat; dan Senior Vice President, Corporate Development, Chief Legal Officer and Secretary, David C Drummond.

Sementara itu, Google kini mendapatkan CEO baru, yaitu Sundar Pichai.

Nantinya, Alphabet akan menyerap semua saham Google. Saham Google akan dikonversi menjadi saham Alphabet pada akhir 2015. Saham Alphabet akan tetap dipasarkan dengan kode yang sama, GOOG dan GOOGL.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X