Baru 4 Bulan, Pengguna Aktif Periscope 2 Juta

Kompas.com - 13/08/2015, 16:17 WIB
Periscope kini sudah tersedia untuk platform Android The VergePeriscope kini sudah tersedia untuk platform Android
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Setiap hari, ada 2 juta orang menonton video live streaming di Periscope. Hal ini ditunjukkan anak usaha Twitter tersebut melalui grafik pada blog resminya di Medium.

Grafik menunjukkan pertumbuhan pengguna yang terus menanjak sejak Periscope aktif beroperasi 4 bulan lalu. Tepatnya pada 26 Maret 2015. 

Medium Grafik pertumbuhan pengguna aktif Periscope

Pencapaian 2 juta pengguna aktif tentu terhitung masif untuk layanan yang masih "hijau" di tengah gesitnya persaingan antar media sosial. Apalagi, kalau semata-mata dilihat dari pendaftar akun, sebenarnya sudah 10 juta orang yang bergabung ke Periscope

"Hingga 2 Agustus, 10 juta akun terdaftar di Periscope. Terima kasih telah menggunakan platform yang kami buat dengan usaha keras. Ini sangat berarti bagi kami," begitu tertulis pada blog Perisocpe, sebagaimana dikutip KompasTekno, Kamis (13/8/2015)

Pertumbuhan pengguna berbanding lurus dengan peningkatan total durasi waktu tayangan live streaming. Berdasarkan grafik, Periscope mengakomodir tontonan berdurasi 40 tahun per hari.

Medium Peningkatan durasi total per hari untuk layanan live streaming Periscope

Peningkatan pengguna aktif dan durasi live streaming paling masif terjadi pada bulan Mei. Sebab, Periscope sudah bisa dijajal pengguna Android pada bulan tersebut.

Jumlah pengguna aktif kala itu meningkat hampir dua kali lipat. Yakni dari 400.000-an pengguna ke 700.000-an pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fakta ini tampaknya menjadi pukulan bagi Meerkat yang notabene merupakan kompetitor Periscope. Meerkat lebih dulu memperkenalkan layanan video live streaming, namun tak berhasil memasarkan produknya segencar Periscope.

Di Indonesia, beberapa artis kawakan diketahui aktif berbagi video langsung melalui Periscope. Di antaranya penyanyi Raisa (@Raisa6690), Agnes Monica (@agnezmo), pemain film Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr), presenter Raffi Ahmad (@RaffiAhmadLagi) dan model Luna Maya (@LunaMaya26).

Tampaknya, tren media sosial mulai mengarah ke tayangan live-streaming. Awal Agustus ini, Facebook pun turut meluncurkan tandingan Periscope bertajuk "Live". Hal ini tak lepas dari pengembangan teknologi perangkat komunikasi dan jaringan internet yang semakin mumpuni. 



Sumber Medium
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.