Kompas.com - 13/08/2015, 18:11 WIB
|
EditorDeliusno
KOMPAS.com - Xiaomi akhirnya memperlihatkan wujud MIUI 7 dalam sebuah acara di Tiongkok. Tampilan antarmuka khas mereka itu diperbarui dengan sejumlah tambahan, antara lain mode "Dewi" dan face detection.

Mode "Dewi" yang dimaksud adalah sebuah antarmuka khusus untuk perempuan. Ya, tampilannya berwarna pink dengan kesan warna feminin. Mode ini dikatakan berguna untuk mempermudah perempuan saat ingin memodifikasi tampilan wallpaper serta tema ponsel. Selain membuat mode tampilan khusus perempuan, mereka juga membuat versi laki-laki dengan warna biru muda.

Perubahan menarik lainnya adalah fitur face detection. Namun ini bukan fitur untuk membuka dan mengunci smartphone, melainkan deteksi wajah yang dikombinasikan dengan galeri foto.

Hasilnya, galeri foto bisa mengenali wajah yang ada di dalam gambar lalu menyortirnya ke dalam satu folder khusus di dalam ponsel. Pengguna jadi bisa memasang tag nama pada foto wajah seseorang dengan mudah.

Ada juga video contact untuk menyelipkan sebuah rekaman singkat ke dalam buku kontak. Video tersebut akan otomatis muncul dan dimainkan saat kontak yang bersangkutan menghubungi Anda.

Di dalam MIUI 7 juga ada aplikasi MI Roaming, yang berguna saat Anda traveling ke luar negeri. Fungsinya mirip dengan kartu SIM virtual. Ketika Anda berada di luar negeri, pengguna cukup membeli paket data melalui aplikasi ini, sehingga mereka tidak wajib memasang kartu SIM lokal.

"Tim MiUI kini sudah diisi 750 orang dan kami sudah dipakai oleh lebih dari 150 juta pengguna di dunia, tersebar dari sekitar 156 negara dan wilayah. Kami membawa MiUI naik kelas dengan kehadiran MIUI 7 yang dirancang untuk Anda, serta dirancang agar smartphone bisa menjadi teman dekat Anda," ujar CEO dan founder Xiaomi Lei Jun, melalui keterangan resminya pada KompasTekno, Kamis (13/8/2015).

Sementara ini, pembaruan MIUI 7 akan dikirimkan over the air untuk pengguna Mi 2, Mi 2S, Mi 2S, Mi 3, Mi 4, Mi Note, Redmi dan Redmi Note di Tiongkok. Sedangkan pembaruan untuk versi global, rencananya bakal dilakukan pada 19 Agustus mendatang melalui sebuah acara di New Delhi, India.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber xiaomi
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.