Kompas.com - 13/08/2015, 22:35 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

NEW YORK, KOMPAS.com - Galaxy S6 Edge Plus muncul berbarengan dengan Galaxy Note 5. Dari tampilan fisik dan deretan spesifikasi, Galaxy S6 Edge Plus tak ubahnya versi "jumbo" dari sang adik, smartphone Galaxy S6 Edge yang telah lebih dulu menyapa pengguna gadget pada Maret tahun ini.

Kehadiran Galaxy S6 Edge pun menimbulkan pertanyaan yang menggelitik. Untuk apa ia hadir mendampingi Galaxy Note 5, sebuah "phablet" lain yang memiliki ukuran dan resolusi layar serupa (5,7 inci, 2560x1440) dan deretan hardware serupa pula?

Pihak Samsung rupanya punya alasan sendiri, sebagaimana disampaikan oleh Direktur Pemasaran Produk Samsung Amerika Serikat Drew Blackard.

"Selama ini kami melihat bahwa hanya sebagian pemilik seri Galaxy Note yang membeli perangkatnya karena ingin menggunakan Stylus S Pen," kata Blackard dalam sesi media briefing yang dihadiri Kompas Tekno di New York, Rabu (12/8/2015).

"Sebagian lagi lebih merupakan pengguna casual yang cuma tertarik memiliki perangkat dengan layar ukuran besar dan bukan karena pena stylus S Pen," jelas dia lagi.

Maka Samsung pun memutuskan untuk membikin dua produk phablet yang berdiri terpisah kali ini, yakni Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus. Note 5 ditujukan bagi mereka yang memang mengincar stylus S Pen.

Sementara, S6 Edge Plus hadir tanpa stylus, tapi mengusung ukuran layar yang sama besarnya dengan Note 5, ditambah dengan kemampuan khusus berupa bagian layar melengkung di sisi kiri dan kanan (Edge Screen) yang bisa menampilkan berbagai informasi, seperti smartphone Galaxy S6 Edge saja.

Blackard menambahkan bahwa kedua perangkat memiliki tujuan penggunaan yang berbeda pula. S6 Edge Plus ditujukan untuk menikmati aneka kontek multimedia. Di sisi lain, Note 5 lebih dititikberatkan sebagai alat bantu urusan produktivitas.

"Dengan memisahkan kedua peruntukan seperti ini, kami berharap bisa memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda tadi," imbuhnya.

Kecuali bagian layar, stylus, dan dimensi fisik, Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus memiliki deretan spesifikasi yang sama. Keduanya sama-sama dibekali prosesor 64-bit octa-core Exynos 7420 (4 inti 2,1 GHz dan 4 inti 1,5 GHz), RAM 4GB, kapasitas media penyimpanan 32GB atau 64GB, resolusi layar Quad-HD (2560x1440), serta kamera 16 megapixel dengan OIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.