Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Samsung Membuat Galaxy S6 Edge versi "Jumbo"

Kompas.com - 13/08/2015, 22:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Galaxy S6 Edge Plus muncul berbarengan dengan Galaxy Note 5. Dari tampilan fisik dan deretan spesifikasi, Galaxy S6 Edge Plus tak ubahnya versi "jumbo" dari sang adik, smartphone Galaxy S6 Edge yang telah lebih dulu menyapa pengguna gadget pada Maret tahun ini.

Kehadiran Galaxy S6 Edge pun menimbulkan pertanyaan yang menggelitik. Untuk apa ia hadir mendampingi Galaxy Note 5, sebuah "phablet" lain yang memiliki ukuran dan resolusi layar serupa (5,7 inci, 2560x1440) dan deretan hardware serupa pula?

Pihak Samsung rupanya punya alasan sendiri, sebagaimana disampaikan oleh Direktur Pemasaran Produk Samsung Amerika Serikat Drew Blackard.

"Selama ini kami melihat bahwa hanya sebagian pemilik seri Galaxy Note yang membeli perangkatnya karena ingin menggunakan Stylus S Pen," kata Blackard dalam sesi media briefing yang dihadiri Kompas Tekno di New York, Rabu (12/8/2015).

"Sebagian lagi lebih merupakan pengguna casual yang cuma tertarik memiliki perangkat dengan layar ukuran besar dan bukan karena pena stylus S Pen," jelas dia lagi.

Maka Samsung pun memutuskan untuk membikin dua produk phablet yang berdiri terpisah kali ini, yakni Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus. Note 5 ditujukan bagi mereka yang memang mengincar stylus S Pen.

Sementara, S6 Edge Plus hadir tanpa stylus, tapi mengusung ukuran layar yang sama besarnya dengan Note 5, ditambah dengan kemampuan khusus berupa bagian layar melengkung di sisi kiri dan kanan (Edge Screen) yang bisa menampilkan berbagai informasi, seperti smartphone Galaxy S6 Edge saja.

Blackard menambahkan bahwa kedua perangkat memiliki tujuan penggunaan yang berbeda pula. S6 Edge Plus ditujukan untuk menikmati aneka kontek multimedia. Di sisi lain, Note 5 lebih dititikberatkan sebagai alat bantu urusan produktivitas.

"Dengan memisahkan kedua peruntukan seperti ini, kami berharap bisa memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda tadi," imbuhnya.

Kecuali bagian layar, stylus, dan dimensi fisik, Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus memiliki deretan spesifikasi yang sama. Keduanya sama-sama dibekali prosesor 64-bit octa-core Exynos 7420 (4 inti 2,1 GHz dan 4 inti 1,5 GHz), RAM 4GB, kapasitas media penyimpanan 32GB atau 64GB, resolusi layar Quad-HD (2560x1440), serta kamera 16 megapixel dengan OIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com