Google Kumpulkan Aplikasi Keren di Android Experiment

Kompas.com - 14/08/2015, 06:38 WIB
Tampilan Android Experiments screenshotTampilan Android Experiments
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Google baru saja meluncurkan sebuah situs baru bernama Android Experiment. Sesuai dengan namanya, situs tersebut berisi macam-macam aplikasi yang cenderung anti mainstream.

Bentuk aplikasi tersebut ada yang berupa game, tampilan jam atau sebuah penunjuk arah. Tapi jangan bayangkan semuanya menggunakan fitur normal, seperti aplikasi-aplikasi sejenis di Google Play Store.

Game dalam Android Experiment dibuat sebagai permainan yang memanfaatkan kemampuan perangkat Android hingga semaksimal mungkin. Misalnya pada game berjudul Tilt, pengguna mesti menggerakkan atau memiringkan gadget miliknya untuk bisa menjalankan permainan.

Kemudian ada juga Inkspace, aplikasi yang bisa mengubah segala coretan atau gambar Anda menjadi 3D. Mereka membuatnya dengan memanfaatkan accelerometer pada gadget Android.

Dilansir KompasTekno dari PhoneArena, Kamis (13/8/2015), sebelumnya Google juga pernah melakukan langkah serupa pada toko aplikasi Chrome. Mereka menyebutnya sebagai Chrome Experimentals dan mengisinya dengan aplikasi-aplikasi browser yang cenderung anti mainstream.

Android Experiments dapat dikatakan meneruskan ide serupa. Google ingin memamerkan bahwa Android adalah sistem operasi yang fleksibel, bisa dipakai membuat aplikasi keren dari sisi interface atau inovasi cara pemakaian dan memaksimalkan fungsi sensor-sensor milik suatu gadget.

Hal yang menarik dari inisiatif ini, khususnya bagi developer, seluruh aplikasi di sana tersedia bersama source code pembuatannya. Developer lain bisa melihat source code tersebut sebagai inspirasi membuat aplikasi orisinil lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara ini ada 20 aplikasi yang ditampilkan dalam Android Experiments, Anda bisa klik link ini untuk melihatnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X