Kompas.com - 14/08/2015, 07:45 WIB
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorWicak Hidayat

SHENZHEN, KOMPAS.com - Vendor telekomunikasi Smartfren Telecom menemukan karakteristik yang berbeda pada pengguna layanan 4G LTE di Indonesia.

Para pengguna layanan internet cepat ini ternyata tidak memilih ponsel 4G dengan harga murah. Mereka justru lebih tertarik dengan ponsel 4G premium.

"Di 4G ini, konsumennya tipenya beda. Yang laku itu justru bukan yang paling murah," kata Direktur Marketing Smartfren Telecom Roberto Saputra kepada KompasTekno di Shenzhen, China, Selasa (12/8/2015).

Temuan "aneh" ini terungkap dari penjualan ponsel 4G Andromax R yang baru diluncurkan Smartfren pada Juli lalu.  "Andromax R itu malah paling laku, kita sampai kehabisan barang," kata Roberto.

Sejumlah peritel, menurut Roberto, mengaku stok Andromax R yang dimilikinya selalu habis terjual.

Smartfren telah melakukan shipment (pengiriman) ponsel Andromax R sebanyak 40.000 unit dan 20.000 unit di antaranya dipastikan terjual, karena telah diaktivasi.

Andromax R merupakan ponsel 4G Smartfren yang dibanderol paling mahal, Rp 1,6 juta. Ponsel Android ini dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 410 da RAM 1 GB. Ia menggunakan layar 5,5 inci dengan kualitas HD (720p) dan memiliki rangka yang dibaluri warna emas.

Menurut Roberto, salah satu faktor larisnya Andromax R karena ponsel ini sudah mendukung layar HD. "Kebanyakan pengguna 4G doyan nonton video, jadi mereka butuh layar dengan kualitas tinggi."

Selain itu, segmen pengguna 4G LTE dianggap berasal dari kelas menengah ke atas. Mengantisipasi kebutuhan khusus ini, Smartfren berencana menambah jajaran Andromax dari kelas premium dengan menggandeng vendor ponsel global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.