Kompas.com - 14/08/2015, 08:02 WIB
Logo baru Lenovo. LenovoLogo baru Lenovo.
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Lenovo bakal semakin bergantung pada Motorola untuk lini bisnis mobile. Menurut vendor Tiongkok ini, unit smartphone dan tablet perusahaannya akan berkembang pesat jika disandingkan lebih erat dengan Motorola.

"Lini mobile Lenovo sekarang akan bergantung pada Motorola untuk desain, pengembangan dan pembuatan produk-produk smartphone," kata perwakilan Lenovo, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Kamis (13/8/2015).

Peran Motorola dalam pengembangan unit smartphone Lenovo memang cukup besar. Pada kuartal kedua 2015, Lenovo mencatat penjualan 16,2 juta smartphone. Di antaranya, ada 5,9 juta smartphone yang dibubuhi merek Motorola.

Secara keseluruhan, total pendapatan Lenovo untuk semua lini naik 3 persen dari tahun lalu pada kuartal serupa. Namun, keuntungannya menurun 51 persen.

Dilihat dari sektor smartphone dan tablet, Lenovo melihat adanya penurunan pertumbuhan yang dibarengi peningkatan kompetisi antar vendor. Hal ini, kata perwakilan Lenovo, menghasilkan laporan per kuartal yang mengecewakan untuk sektor mobile.

Untuk itu, Lenovo menaruh harapan besar kepada Motorola untuk membangkitkan daya saing Lenovo di pasar smartphone. Ditargetkan, keuntungan Lenovo bakal kembali seperti semula pada dua kuartal selanjutnya.

"Ke depan portofolio produk akan lebih simpel dan modelnya akan lebih berbeda antara satu produk dengan produk lainnya," kata pihak Lenovo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.