Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Penjualan iPad, Apple Sasar Pebisnis

Kompas.com - 14/08/2015, 09:19 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Apple tampaknya sedang putar otak untuk menggenjot kembali popularitas iPad. Pada 6 kuartal berturut-turut, tablet tersebut menunjukkan penurunan angka penjualan yang semakin signifikan.

Menurut The Wall Street Journals (WSJ), perusahaan berlogo apel tergigit itu berencana meningkatkan kemampuan iPad untuk kebutuhan bisnis. Untuk itu, Apple dikabarkan tengah menjalin kerjasama dengan beberapa pengembang aplikasi.

Dilansir KompasTekno, Kamis (13/8/2015) dari Engadget, ada 40 pengembang aplikasi enterprise yang telah dirangkul Apple untuk meningkatkan kemampuan iPad. Inisiatif tersebut dinamakan "Mobility Partner Program" atau MPP.

Aplikasi-aplikasi yang dikembangkan antara lain memberi solusi pada proses akuntansi dan pendaftaran kas digital. Para rekan pengembang juga akan mengirimkan perwakilannya ke kantor Apple untuk melatih para spesialis bisnis Apple agar lebih mumpuni dalam mengembangkan iPad untuk pebisnis.

Pembentukan MPP sebenarnya telah disinggung Apple pada April 2015 lalu. Namun, belum jelas siapa saja rekan pengembang yang tergabung di dalamnya.

Yang jelas, Apple juga secara spesifik menyebut AT&T dan Verizon sebagai rekan di sektor operator. Apple berencana mengajak kedua operator tersebut untuk memasarkan aplikasi bundling untuk iPad di masa depan.

WSJ menambahkan, upaya Apple menggenjot penjualan iPad sejauh ini telah direspons oleh beberapa pemilik bisnis kecil menengah. Disinyalir, Apple telah mengundang pemilik perusahaan kecantikan untuk bertemu dengan anggota MPP.

Dalam pertemuan tertutup itu, Apple meyakinkan perusahaan kecantikan tersebut menggunakan iPad untuk kebutuhan akuntansi perusahaan. Ini dinilai lebih efektif ketimbang metode pencatatan dengan buku.

Sebuah restoran di Toronto juga dikabarkan telah diprospek untuk bekerjasama dengan memanfaatkan produk iPad. Dalam hal ini, Apple memasarkan iPad sebagai perangkat yang mengakomodir kemampuan pendaftaran kas digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com