Kompas.com - 14/08/2015, 09:19 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Apple tampaknya sedang putar otak untuk menggenjot kembali popularitas iPad. Pada 6 kuartal berturut-turut, tablet tersebut menunjukkan penurunan angka penjualan yang semakin signifikan.

Menurut The Wall Street Journals (WSJ), perusahaan berlogo apel tergigit itu berencana meningkatkan kemampuan iPad untuk kebutuhan bisnis. Untuk itu, Apple dikabarkan tengah menjalin kerjasama dengan beberapa pengembang aplikasi.

Dilansir KompasTekno, Kamis (13/8/2015) dari Engadget, ada 40 pengembang aplikasi enterprise yang telah dirangkul Apple untuk meningkatkan kemampuan iPad. Inisiatif tersebut dinamakan "Mobility Partner Program" atau MPP.

Aplikasi-aplikasi yang dikembangkan antara lain memberi solusi pada proses akuntansi dan pendaftaran kas digital. Para rekan pengembang juga akan mengirimkan perwakilannya ke kantor Apple untuk melatih para spesialis bisnis Apple agar lebih mumpuni dalam mengembangkan iPad untuk pebisnis.

Pembentukan MPP sebenarnya telah disinggung Apple pada April 2015 lalu. Namun, belum jelas siapa saja rekan pengembang yang tergabung di dalamnya.

Yang jelas, Apple juga secara spesifik menyebut AT&T dan Verizon sebagai rekan di sektor operator. Apple berencana mengajak kedua operator tersebut untuk memasarkan aplikasi bundling untuk iPad di masa depan.

WSJ menambahkan, upaya Apple menggenjot penjualan iPad sejauh ini telah direspons oleh beberapa pemilik bisnis kecil menengah. Disinyalir, Apple telah mengundang pemilik perusahaan kecantikan untuk bertemu dengan anggota MPP.

Dalam pertemuan tertutup itu, Apple meyakinkan perusahaan kecantikan tersebut menggunakan iPad untuk kebutuhan akuntansi perusahaan. Ini dinilai lebih efektif ketimbang metode pencatatan dengan buku.

Sebuah restoran di Toronto juga dikabarkan telah diprospek untuk bekerjasama dengan memanfaatkan produk iPad. Dalam hal ini, Apple memasarkan iPad sebagai perangkat yang mengakomodir kemampuan pendaftaran kas digital.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.