Kompas.com - 14/08/2015, 16:10 WIB
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorWicak Hidayat

SHENZHEN, KOMPAS.com - Smartfren Telecom tak lama lagi akan menanggalkan sebutan operator CDMA. Perusahaan telekomunikasi ini nantinya ingin dipanggil sebagai operator 4G LTE.

Penanggalan embel-embel CDMA itu seiring dengan penerapan teknologi internet generasi keempat 4G LTE di jaringan Smartfren.

"Ke depannya tidak ada lagi yang namanya operator GSM atau CDMA. Semuanya ya operator 4G," kata Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren Telecom kepada KompasTekno di Shenzhen, China, Kamis (13/8/2015).

Teknologi 4G yang merupakan layanan berbasis data membuat para operator GSM dan CDMA mau tak mau menjadi "seragam". Yang masih jadi pembeda adalah layanan berbasis suara (voice) dan pesan pendek SMS.

Layanan suara Smartfren masih tetap mengandalkan jaringan CDMA-nya. Namun, menurut Munir, itu hanya untuk sementara saja.

Ke depannya, Smartfren akan mengandalkan teknologi Voice over LTE (VoLTE)  sebagai pengganti layanan suara dari CDMA.

Saat itulah, Smartfren benar-benar bisa disebut sebagai operator 4G, bukan CDMA lagi.

Namun, Munir menegaskan hal tersebut baru akan terwujud paling cepat dua tahun lagi. Saat ini, prioritas Smartfren adalah implement  dan sosialisasi layanan data berbasis 4G.

Smartfren sebagai penyedia layanan CDMA akan menggunakan teknologi 4G pada frekuensi 850 MHz dan 2.300 Mhz.

Frekuensi 850 MHz dengan lebar pita sebanyak 10 MHz akan dibagi dua untuk voice/SMS dan layanan data. Sedangkan pada 2.300 MHz dengan lebar pita 30 MHz dimanfaatkan Smartfren sepenuhnya untuk 4G LTE.

Meski akan beralih sepenuhnya ke 4G, Smartfren tidak akan begitu saja meninggalkan pelanggan CDMA setianya.

"CDMA Smartfren akan tetap ada selama masih ada yang menggunakan. Tapi pelan-pelan akan diarahkan ke layanan suara berbasis data, " kata Munir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.