Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Word 2016 Bisa "Dikeroyok" seperti Google Docs

Kompas.com - 15/08/2015, 11:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft kini memungkinkan kolaborasi real-time antar kelompok kerja dalam mengedit file Word. Hal ini diwujudkan pada paket Office 2016.

Pengguna hanya perlu membagi file yang akan diedit bersama melalui Google OneDrive. Setelahnya, file bisa diutak-atik dalam waktu bersamaan di kamar atau ruang kerja masing-masing.

Kemampuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan menghemat energi. Sebab, kolaborasi kerja bisa diwujudkan tanpa harus bertemu.

Antarmuka tampilan untuk kolaborasi pengeditan pun cukup ramah pengguna. Dilansir KompasTekno, Jumat (14/8/2015) dari TheNextWeb, seorang pengguna mulanya harus membagi file dan membuka akses bagi pengguna lain untuk mengedit.

Setelahnya, kursor pada file bakal memunculkan warna-warna berbeda yang mengindikasikan pengguna satu dan lainnya. Nama pengguna yang sedang mengetik pun tampak pada layar.

Mekanismenya sebenarnya sama seperti Office Online dan Google Docs. Hanya saja, Google Docs tak memiliki fitur-fitur selengkap Office. Sehingga, dengan pembaruan pada Word 2016, pengguna bisa selangkah lebih praktis.

Jika Anda telah mendaftar untuk preview Office 2016, Anda bisa mulai menjajal aplikasi tersebut. Jika belum, Anda bisa mengikuti intruksi dari Microsoft di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com