Kompas.com - 16/08/2015, 11:54 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Peneliti di Universitas Cambridge sedang mengembangkan robot intelijen yang bisa "melahirkan anak". Dengan kata lain, robot itu diprogram untuk menciptakan robot yang lebih kecil.

Robot utama juga bisa memonitor proses perkembangan "anak robot". Dalam tahapan tersebut, tak ada intervensi manusia atau komponen eksternal lain di luar simulasi komputer.

"Kamera mendeteksi bagaimana robot mampu mengembangkan dan memodifikasi bayinya. Robot bisa belajar dari kesalahan hingga menciptakan bayi yang terbaik," kata peneliti sebagaimana dilaporkan BGR dan dihimpun KompasTekno, Jumat (14/8/2015).

Para peneliti ingin mewujudkan robot yang berkarakter manusia. Nantinya, anak yang dilahirkan robot tak akan berwujud dan berkarakter sama dengan induknya.

"Robot umumnya membangun sesuatu yang sama berulang kali. Sementara itu, kami akan menggunakan algoritma genetik yang berbeda untuk tiap pengoperasian," ia menjelaskan.

Berikut video pengembangan awal robot yang bisa "melahirkan anak".

Sebelumnya, peneliti dari MIT juga mengembangkan robot intelijen dengan kemampuan menakjubkan. Robot tersebut dibuat dengan merefleksikan gerak-gerik dan kebiasaan manusia. Berikut videonya.

Saat ini, peradaban manusia disebut mulai menyatu dengan artificial intelligence (AI) dan hal-hal berbau robot. Ada saja penemuan-penemuan teknologi baru yang futuristik dan dirancang dengan embel-embel "menciptakan kehidupan yang lebih baik".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.