Kompas.com - 18/08/2015, 09:23 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sesuai dengan namanya, Galaxy Note 5 adalah model ke-5 dari lini produk "phablet" Galaxy Note besutan Samsung. Perangkat yang resmi meluncur pada akhir minggu lalu di New York, AS ini tetap mengusung konsep serupa dengan para pendahulunya, dengan titik berat pada penggunaan perangkat input tambahan berupa stylus S Pen.

Namun ada sejumlah perubahan dan peningkatan fitur yang diterapkan Samsung pada Galaxy Note 5 untuk meningkatkan daya guna dan kenyamanan pakai. Seperti apa? Simak penelusuran singkat KompasTekno berikut ini.

Unibody "kinclong"

Ketimbang model terdahulu, konsep desain Galaxy Note 5 bisa dibilang lebih mirip seri smartphone Galaxy S6, dengan tubuh unibody yang terbalut cangkang dari bahan logam dan kaca.

Oik Yusuf/ Kompas.com Tampak depan dan belakang Galaxy Note 5

Hilang sudah slot memory-card dan baterai yang bisa dibongkar-pasang. Sebagai gantinya, Galaxy Note 5 memiliki bodi yang lebih kokoh dari bahan lebih berkualitan dan fasilitas fast charging yang bisa mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu hanya 90 menit.

Phablet ini dilabur warna-warna metalik seperti pada Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Ia pun tampak "kinclong", mengkilap dan menarik perhatian. Selain warna-warna yang sudah tersedia sebelumnya, Samsung juga menyediakan pilihan warna baru, yakni silver titanium.

Sisi depan dan belakang Galaxy Note 5 yang mulus itu rentan terkena noda sidik jari, sementara bagian pinggir terbuat dari frame logam. Tombol daya dan pengatur volume masing-masing ditempatkan di sisi kanan dan kiri. konektor jack audio 3.5 inci ada di atas, sementara konektor kabel micro-USB dan  pena S Pen terdapat di bagian bawah.

Oik Yusuf/ Kompas.com Kompartemen stylus S Pen terletak di bagian bawah seperti biasa (kiri), namun kali ini dengan dibantu pegas untuk mendorong ke luar. Di sisi atas terdapat slot kartu SIM

Punggung Galaxy Note 5 berbentuk melengkung di sisi kanan dan kirinya sehingga perangkat ini menjadi relatif nyaman saat digenggam, kendati masih terasa agak licin karena balutan kaca di sekujur tubuhnya.

Stylus gaya baru

Kompartmemen S Pen pada Galaxy Note 5 memiliki pegas yang akan mendorong pena ke luar apabilla pengguna menekan ujung belakang stylus ini ke arah dalam. Selain lebih praktis, mekanisme ini sekaligus menyalakan fungsi off-screen writing pada layar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.