Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan Galaxy Note 5

Kompas.com - 18/08/2015, 09:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Sesuai dengan namanya, Galaxy Note 5 adalah model ke-5 dari lini produk "phablet" Galaxy Note besutan Samsung. Perangkat yang resmi meluncur pada akhir minggu lalu di New York, AS ini tetap mengusung konsep serupa dengan para pendahulunya, dengan titik berat pada penggunaan perangkat input tambahan berupa stylus S Pen.

Namun ada sejumlah perubahan dan peningkatan fitur yang diterapkan Samsung pada Galaxy Note 5 untuk meningkatkan daya guna dan kenyamanan pakai. Seperti apa? Simak penelusuran singkat KompasTekno berikut ini.

Unibody "kinclong"

Ketimbang model terdahulu, konsep desain Galaxy Note 5 bisa dibilang lebih mirip seri smartphone Galaxy S6, dengan tubuh unibody yang terbalut cangkang dari bahan logam dan kaca.

Oik Yusuf/ Kompas.com Tampak depan dan belakang Galaxy Note 5

Hilang sudah slot memory-card dan baterai yang bisa dibongkar-pasang. Sebagai gantinya, Galaxy Note 5 memiliki bodi yang lebih kokoh dari bahan lebih berkualitan dan fasilitas fast charging yang bisa mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu hanya 90 menit.

Phablet ini dilabur warna-warna metalik seperti pada Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Ia pun tampak "kinclong", mengkilap dan menarik perhatian. Selain warna-warna yang sudah tersedia sebelumnya, Samsung juga menyediakan pilihan warna baru, yakni silver titanium.

Sisi depan dan belakang Galaxy Note 5 yang mulus itu rentan terkena noda sidik jari, sementara bagian pinggir terbuat dari frame logam. Tombol daya dan pengatur volume masing-masing ditempatkan di sisi kanan dan kiri. konektor jack audio 3.5 inci ada di atas, sementara konektor kabel micro-USB dan  pena S Pen terdapat di bagian bawah.

Oik Yusuf/ Kompas.com Kompartemen stylus S Pen terletak di bagian bawah seperti biasa (kiri), namun kali ini dengan dibantu pegas untuk mendorong ke luar. Di sisi atas terdapat slot kartu SIM

Punggung Galaxy Note 5 berbentuk melengkung di sisi kanan dan kirinya sehingga perangkat ini menjadi relatif nyaman saat digenggam, kendati masih terasa agak licin karena balutan kaca di sekujur tubuhnya.

Stylus gaya baru

Kompartmemen S Pen pada Galaxy Note 5 memiliki pegas yang akan mendorong pena ke luar apabilla pengguna menekan ujung belakang stylus ini ke arah dalam. Selain lebih praktis, mekanisme ini sekaligus menyalakan fungsi off-screen writing pada layar.

Dengan fitur ini, pengguna Galaxy Note 5 dapat langsung menulis di layar tanpa perlu lebih dulu membuka layar ponsel yang kerap kali merepotkan karena melibatkan kunci pengaman. Usai menulis, hasil corat-coret akan tersimpan di aplikasi S Note. Alhasil, Galaxy Note 5 pun bisa dipakai untuk mencatat sesuatu secara spontan dan cepat.


Oik Yusuf/ Kompas.com Pengguna bisa menulis dengan stylus S Pen di layar Galaxy Note 5 meskipun dalam keadaan tidak aktif

Masih seputar stylus, Samsung memperkaya menu Air Command untuk penggunaan S Pen dengan menambah dua slot kosong yang bisa dipakai untuk mencantumkan shortcut aplikasi.

Jadi, semisal pengguna sering memakai aplikasi peramban dan kalkulator, maka  shortcut dari aplikasi tersebut bisa turut disertakan dalam menu Air Command sehingga lebih gampang diakses.

Oik Yusuf/ Kompas.com Menu Air Command untuk S Pen kini menyediakan dua shortcut tambahan untuk aplikasi yang bisa dipilih oleh pengguna. Dalam contoh ini, dua icon Gallery dan Calculator dalam menu Air Command adalah aplikasi yang dipilih sendiri.

Aneka fitur kamera

Sektor kamera Galaxy Note 5 turut mendapat penekanan dari Samsung. Tak heran, mengingat fitur tersebut adalah salah satu hal yang paling populer dan banyak digunakan dari sebuah gadget mobile.

Galaxy Note 5 menggunakan unit kamera 16 yang sama dengan milik Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Kamera ini dibekali rangkaian fitur teranyar seperti real-time HDR, phase-detect autofocus, dan optical image stabilizer.

Oik Yusuf/ Kompas.com Aneka mode pengambilan gambar pada aplikasi kamera Galaxy Note 5

Samsung turut menyertakan sejumlah fitur tambahan terkait kemampuan video Galaxy Note 5, seperti kapabiilitas streaming video real-time melalui platform YouTube, video 4K, penstabil gambar secara digital (VIDS), hingga collage video yang menggabungkan empat klip video dalam satu frame mirip kolase foto.

Sebagian fitur Galaxy Note 5 dapat turut ditemukan di phablet Galaxy S6 Edge Plus yang meluncur pada waktu bersamaan. Kedua perangkat sebenarnya menggunakan basis hardware yang sama.

Perbedaan kedua perangkat terletak pada jenis layar yang melengkung di sisi kiri an kanan pada Galaxy S6 Edge Plus dan ketersediaan perangkat input stylus S Pen pada Galaxy Note 5.

Oik Yusuf/ Kompas.com Galaxy Note 5 dengan Stylus S Pen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com