Kompas.com - 18/08/2015, 14:08 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Tanggal kehadiran Project Ara mengalami kemunduran. Dalam keterangan terbarunya, proyek smartphone rakitan milik Google ini dikatakan baru akan hadir setidaknya pada tahun 2016 mendatang.

Keterangan itu sendiri diumumkan tim dari Google tersebut dalam akun Twitter resminya, @ProjectAra. "Kapan? 2016. #yeswearelate #ProjectAra," tulis akun tersebut.

Waktu rilis tersebut dapat dikatakan cukup lambat. Pasalnya, Project Ara sudah mulai berjalan pada 2012 lalu. Kala itu, proyek ini berjalan di bawah "bendera" Motorola. Setelahnya, Motorola diakuisisi oleh Google dan hingga hari ini masih dikembangkan oleh sebuah divisi di bawah raksasa internet tersebut.

Sebagai kelanjutan dari kicauan pertama, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Recode, Senin (18/8/2015), Google berjanji untuk membawa Project Ara ke beberapa lokasi di AS. Perangkat tersebut nantinya belum akan dijual secara komersil, tetapi dalam rangka uji coba.

"Ke mana kami akan menuju berikutnya? Kami sedang mengamati beberapa lokasi di AS. #ProjectAra #newlocationcomings," tutur @ProjectAra.

Lantas, mengapa Project Ara baru dirilis pada tahun 2016? Masih menurut kicauan Project Ara, tim tersebut mengalami sedikit masalah di bagian iterasi. "Lebih banyak iterasi dari yang kami bayangkan," ujarnya.

Seperti yang telah diungkap sebelumnya, Project Ara adalah proyek smartphone modular. Proyek ini bertujuan untuk membuat ponsel pintar yang aneka komponennya, seperti kamera, layar, dan baterai, bisa diganti-ganti, dipasang atau dicopot sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Platform Ara terdiri dari sebuah perangkat smartphone dasar yang memuat komponen-komponen vital seperti prosesor dan antena seluler.

Nah, smartphone "dasar" tersebut bisa ditambahi aneka modul yang masing-masing memuat komponen tambahan, misalnya kamera atau baterai tadi. Bahkan layar smartphone Ara pun bisa diganti karena turut dibuat dalam bentuk modul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Recode


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.