Kompas.com - 18/08/2015, 16:24 WIB
Chief Digital Services XL Axiata Dian Siswarini saat berbicara dalam acara peluncuran layanan 4G LTE di Jakarta, Jumat (19/12/2014). Oik Yusuf/KOMPAS.comChief Digital Services XL Axiata Dian Siswarini saat berbicara dalam acara peluncuran layanan 4G LTE di Jakarta, Jumat (19/12/2014).
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - XL Axiata (XL) mencatat pendapatan sebesar Rp 11,131 triliun pada sepanjang paruh pertama 2015. Jumlah tersebut turun empat persen jika dibandingkan dengan Rp 11,595 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Chief Executive Officer XL Dian Siswarini mengatakan pada kuartal kedua tahun 2015, XL berhasil meraih pertumbuhan yang positif, yaitu sebesar 2,4 persen.

"Kami sudah mendapatkan beberapa hasil awal yang positif, yang semakin menguatkan keyakinan kami atas agenda transformasi yang sedang kami lakukan ini. Ke depan kami akan semakin fokus untuk segera menuntaskan agenda transformasi tersebut untuk memperkuat posisi perusahaan," ujar Dian melalui keterangan resminya pada KompasTekno, Selasa (18/8/2015).

Transformasi bisnis tersebut dilakukan melalui strategi 3R, yaitu Revamp, Rise dan Reinvent. Sejak awal 2015 ini mereka sudah mulai menjalankan transformasi bisnis dengan fokus pada strategi Revamp.

Tujuannya adalah meningkatkan jumlah pelanggan berkualitas, mengurangi pelanggan abusser, meningkatkan portfolio produk, penguatan jalur retail dan meluncurkan kembali merek Axis.

"Kami mencanangkan agenda transformasi pada bulan April tahun ini, dan saat ini proses transformasi jangka menengah masih dalam tahap awal perjalanan dan masih terus berproses," terang Dian

Hasil positif yang sudah bisa dirasakan, antara lain adalah peningkatan Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 25 persen. Dari angka Rp 25.000 pada paruh pertama 2014, menjadi Rp 30.000 di periode yang sama tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Trafik layanan Data pun tumbuh 65 persen pada semester pertama 2015, dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Total pengguna layanan data mencapai 28 juta atau 61 persen dari total jumlah pelanggan.

Trafik tersebut didukung oleh jumlah pengguna smartphone di jaringan XL yang tumbuh sebesar 23 persen dibandingkan periode sama di tahun lalu. Jumlah pengguna tahun ini sekitar 16,3 juta orang.

Sedangkan kerugian sepanjang paruh pertama 2015 tercatat sebesar Rp 851 miliar, hampir dua kali lebih besar dibanding kerugian tahun lalu yang hanya Rp 445 miliar.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.