Kompas.com - 19/08/2015, 10:37 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

NEW YORK, KOMPAS.com - Kamera adalah salah satu fitur yang paling menjadi sorotan pada sebuah gadget mobile. Itu pula sebabnya, untuk produk phablet terbaru Galaxy Note 5, Samsung membenamkan unit kamera yang sama dengan milik seri smartphone Galaxy S6.

"Kamera 16 megapiksel ini merupakan kamera smartphone terbaik dengan catatan skor tertinggi dari DXO Mark," ujar Wakil Presiden Pemasaran dan Strategi Produk Samsung Electronics AS Justin Denison saat berbicara dalam acara peluncuran Galaxy Note 5 di New York, AS, minggu lalu.

KompasTekno berkesempatan memotret di sekeliling kota New York dengan sebuah unit sample Galaxy Note 5. Dilihat dari hasil-hasil jepretan phablet ini, pernyataan Denison di atas agaknya memang ada benarnya.

Karakter hasil tangkapan gambar Galaxy Note 5 serupa dengan hasil kamera seri smartphone Galaxy S6, dengan kontras tinggi dan warna-warna yang selalu cerah di setiap kondisi, termasuk saat malam hari.

Fitur real-time dynamic range yang disediakan membantu pengguna menangkap gambar dengan rentang tonal yang luas saat kondisi lingkungan menghasilkan kontras yang kelewat tinggi, seperti yang terjadi ketika memotret di bawah matahari siang bolong.

Real-time dynamic range cukup berhasil membuat area gelap pada frame tampak lebih terang tanpa perlu mengambil beberapa frame untuk digabungkan, layakya penerapan fitur HDR pada kebanyakan ponsel lain.
 
Perlu ditambahkan bahwa "phablet" Galaxy S6 Edge Plus menggunakan unit kamera yang sama dengan Galaxy Note 5. Tangkapan gambar kedua perangkat seharusnya juga akan identik.

Nah, seperti apa hasil jepretan Galaxy Note 5? Selengkapnya bisa dilihat dalam rangkaian foto di bawah.

Oik Yusuf/ Kompas.com Contoh hasil foto Galaxy Note 5 saat siang hari

Oik Yusuf/ Kompas.com Contoh hasil foto Galaxy Note 5 saat siang hari

Oik Yusuf/ Kompas.com Contoh hasil foto Galaxy Note 5 saat siang hari (kiri) dan malam hari

Oik Yusuf/ Kompas.com Perbandingan hasil foto dalam mode normal (kiri), dan HDR dari Galaxy Note 5

Oik Yusuf/ Kompas.com Contoh hasil foto Galaxy Note 5 saat malam hari

Oik Yusuf/ Kompas.com Contoh hasil foto Galaxy Note 5 saat malam hari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.