Kompas.com - 19/08/2015, 11:35 WIB
|
EditorReza Wahyudi
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Intel memamerkan Curie, modul komputer seukuran kancing baju di ajang Intel Developer Forum 2015.

Modul tersebut sebelumnya pernah diperkenalkan Intel di ajang Consumer Electronic Show di awal tahun ini di Las Vegas, AS. Namun kali ini, Intel menambahkan kecerdasannya.

Jika sebelumnya Curie memiliki software kit Intel Body IQ dan Intel Social IQ, maka kali ini Curie dilengkapi dengan dua software kit tambahan lagi, yaitu Time IQ dan Intelligent IQ.

Brian Krzanich selaku CEO Intel dalam presentasinya di hadapan media dan undangan yang menghadiri acara pembukaan IDF 2015 di Moscone Center, termasuk KompasTekno, menjelaskan bahwa Time IQ berguna untuk mengatur tugas-tugas penghitungan waktu dengan cerdas, seperti kalender dan perencanaan.

Sementara Identity IQ berguna untuk mengidentifikasi pengguna. Kecanggihan Identity IQ dipamerkan Intel melalui gelang pintar yang berfungsi layaknya password untuk mengakses komputer.

"Nantinya perangkat wearable bisa menjadi solusi atas permasalahan keamanan dalam password biasa," kata Krzanich.

Lalu apa jadinya jika gelang tersebut hilang atrau dicuri orang lain? Bisakah orang tersebut mengakses komputer yang sama?

Ternyata tidak, gelang bisa mengidentifikasi pemakainya dan menolak perintah untuk mengakses komputer. Selain itu, terdapat password tambahan yang harus dimasukkan secara manual (diketik) jika komputer mendeteksi orang yang berbeda.

Intel juga mendemonstrasikan Curie sebagai sebuah sensor hub. Dengan menggunakan sepeda BMX yang dipasangi Curie di beberapa bagian, komputer bisa menganalisa gerakan BMX dalam tiga dimensi.

Data-data lain yang bisa dihimpun antara lain putaran sepeda, lama waktu di udara, ketinggian lompatan, hingga besaran gaya yang diterima saat sepeda mendarat.

Modul Curie menggunakan sel baterai kecil dan ditenagai prosesor (SoC) Intel Quark, SRAM 80 KB, dan media penyimpanan flash 348 KB. Terdapat juga sensor pendeteksi gerakan enam sumbu disertai dengan sensor akselerometer, giroskop dan radio Bluetooth.

Intel akan mulai mengirimkan Curie kepada beberapa vendor tertentu mulai kuartal empat 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.