Kompas.com - 19/08/2015, 15:10 WIB
|
EditorReza Wahyudi
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - CEO Intel, Brian Krzanich mengatakan bahwa dunia komputasi saat ini semakin personal. Dari asumsi tersebut, Intel mengembangkan teknologinya yang mengarah kepada tiga hal.

Tiga hal yang dimaksud Krzanich yaitu sensification, smart and interconnected, dan extension of you (pengembangan berdasarkan pengguna).

Dalam hal sensification, Intel akan mengembangkan teknologi yang bisa berinteraksi dengan manusia melalui indera yang dimiliki, suara, dan penglihatan.

"Perangkat teknologi yang ada saat ini memang sudah bisa mendengar dan berbicara," ujar Krzanich dalam pidatonya di ajang Intel Developer Forum (IDF) di Moscone Center, Selasa (18/8/2015) yang dihadiri oleh KompasTekno.

"Namun kami ingin melakukan lebih, berbicara dengan perangkat itu harus memberikan pengalaman yang lebih personal, seperti percakapan dua arah yang natural," imbuhnya.

Salah satu teknologi suara yang telah diperkenalkan oleh Intel adalah asisten pribadi digital, Cortana yang dikembangkan bersama dengan Microsoft di sistem operasi terbarunya, Windows 10.

Cortana memiliki fitur Wake-on-voice dimana pengguna bisa menyapa "Hi Cortana" untuk mengaktifkan komputer.

Teknologi sensification (Intel RealSense Technology) ini juga dibawa Intel ke industri lainnya, seperti gaming, robot, dan industri musik.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com CEO Intel, Brian Krzanich membuka pameran Intel Developer Forum 2015 di Moscone Center, San Francisco, California, AS pada Selasa (18/8/2015).
Smart & connected

Sementara dalam hal smart dan interkoneksi, jantung dari Internet of Things (IoT), Krzanich mengatakan ke depannya teknologi akan semakin pintar dan saling terhubung, baik antarperangkat maupun dengan manusia.

Intel mendemonstrasikan beberapa teknologi IoT yang dikembangkannya bersama dengan beberapa perusahaan teknologi, seperti robot pelayan restoran atau hotel, cermin pintar untuk toko-toko busana yang bisa menampilkan bermacam jenis dan warna baju, atau mesin vending pintar yang bisa mendeteksi jenis kelamin dan umur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.