Survei Ungkap Apple Music Mulai Ditinggalkan

Kompas.com - 19/08/2015, 15:50 WIB
Apple Music EngadgetApple Music
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple Music diklaim sudah mendapatkan pengguna sekitar 11 juta orang sejak peluncurannya Juni lalu. Pada masa promosi selama tiga bulan, pengguna bisa menggunakan layanan tersebut secara gratis.

Angka 11 juta bukanlah sesuatu yang kecil. Melihat angka tersebut diraih dalam waktu singkat, tersirat bahwa Apple Music merupakan produk yang sukses.

Untuk menakar "kesuksesan" tersebut, sebuah survei dilakukan oleh MusicWatch setelah masa promosi berakhir. Hasil surveinya cukup mengagetkan, aplikasi musik itu ternyata sudah mulai ditinggalkan.

Seperti dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Rabu (19/8/2015), MusicWatch menemukan bahwa 48 persen orang yang mencoba free trial Apple Music kini berhenti berlangganan.

Apalagi bila membandingkannya dengan pesaing seperti Spotify yang memiliki 20 juta orang pengguna berbayar, raksasa elektronik itu bisa dikatakan kalah bersaing. Pelanggan Spotify rela membayar 10 dollar AS atau sekitar Rp 130.000 per bulan untuk menikmati streaming musik.

MusicWatch menemukan bahwa dari 20 juta orang penguna Spotify, 28 persen mengaku sudah mencoba Apple Music. Tapi cuma 11 persen saja yang ikut membayar untuk menikmati layanan yang digawangi Jimmy Lovine dan Dr Dre tersebut.

"Memang ini kerugiannya bila terlambat masuk ke sebuah industri sementara industri itu kini sudah diisi pesaing yang layanannya bagus," ujar Managing Partner of MusicWatch, Russ Crupnick.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Soal benchmark Apple Music, sebenarnya saat ini 40 persen pengguna iOS membeli konten digital dari iTunes. Ini mengindikasikan potensi kesediaan orang menggunakan Apple Music bisa lebih besar," imbuhnya.

Selain orang yang berhenti berlangganan pasca trial, survei juga mengungkap ada sekitar dua per tiga pengguna trial yang cenderung mau membayar untuk berlangganan Apple Music. Survei tersebut dilakukan terhadap 5.000 orang responden di Aerika Serikat, dari rentang usia 13 tahun dan lebih tua.

Apple tidak diam saja melihat hasil survei ini. Perusahaan asal California itu menyatakan pengguna layanan streaming musik mereka msaih tinggi, dengan proporsi sekitar 79 persen pengguna awal yang masih aktif sampai sekarang.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.