Intel Luncurkan SSD Super Kencang "Optane"

Kompas.com - 20/08/2015, 09:16 WIB
Intel Optane dikenalkan sebagai brand memori flash kncang yang mengusung teknologi 3D Xpoint Intel Reska K. Nistanto/KOMPAS.comIntel Optane dikenalkan sebagai brand memori flash kncang yang mengusung teknologi 3D Xpoint Intel
|
EditorReza Wahyudi
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Intel memperkenalkan teknologi penyimpanan SSD flash 3D Xpoint (cross point) yang diklaim memiliki lebih kencang dari memori flash biasa.

Memori flash tersebut secara resmi diluncurkan oleh Intel di ajang Intel Developer Forum 2015, Rabu (19/8/2015), di San Francisco, AS dengan nama brand Optane.

Pada ajang IDF 2015 tersebut Intel untuk pertama kalinya melakukan uji kecepatan (Input Output Performance Score/IOPS benchmark) terhadap Optane langsung di hadapan para wartawan dan undangan yang hadir di Moscone Center.

Intel menguji memori flash SSD Optane dengan membandingkannya dengan SSD kelas premiumnya yang ada di pasar saat ini, yaitu P3700.

Dari pengujian tersebut, Optane terlihat memiliki nilai IOPS yang lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan SSD P3700.

Dengan kecepatan seperti itu, maka nilai queue depth (jumlah request input/output yang mengantre) terendahnya ikut terdongkrak menjadi tujuh kali lebih cepat.

Sementara saat menangani queue depth tinggi, seperti saat me-render grafis, nilainya terbukti 5,21 hingga 7,23 kali lebih tinggi dibanding SSD P3700.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com IOPS benchmark Intel Optane
Reska K. Nistanto/KOMPAS.com IOPS benchmark Intel Optane
Teknologi 3D Xpoint

Berbeda dari memori flash NAND yang bekerja dengan transistor tradisional yang harus diakses melalui keseluruhan barisnya, 3D Xpoint bekerja dengan menumpuk transistor itu dengan susunan saling melintang (crosshatch).

Dengan penyusunan transistor seperti itu, Intel mengklaim masing-masing sel transistor bisa diakses satu-satu saat menulis atau membaca data, bukan membaca seluruh urutan sel lebih dahulu.

Intel Desain penyusunan sel transistor model crosshatch yang dibuat oleh Intel
Karena itulah proses penulisan dan pembacaan data di standar penyimpanan 3D Xpoint diklaim  bisa dilakukan secara lebih cepat, bahkan mencapai 1.000 kali lebih cepat dari memori flash saat ini.

Intel mengatakan SSD Optane dengan teknologi 3D Xpoint akan mulai dijual di tahun 2016 dan dijual dalam banyak form factor, termasuk untuk pengguna rumahan dan server-server berbasis.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X