Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UKM Bakal Lebih Maju Jika Masuk "Online"

Kompas.com - 20/08/2015, 10:48 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa meningkat dua persen tiap tahunnya. Asalkan, keterlibatan teknologi digital dalam pengembangan usaha kecil menengah (UKM) turut digenjot.

Hal ini diungkapkan firma audit Deloitte Access Economics melalui sebuah laporan penelitian yang disponsori Google. Laporan menunjukkan, UKM dapat meningkatkan pendapatan minimal 80 persen jika pengembangannya diekspansi ke ranah digital.

Dengan peningkatan sebesar itu, UKM akan turut memangkas angka pengangguran dengan membuka peluang kerja satu setengah kali lebih besar. Inovasi bisnis juga diklaim bakal meningkat 17 kali lipat.

"Sekali berkecimpung ke online digital, bisnis akan terus bertumbuh jadi lebih besar," kata Managing Director Deloitte Claudia Lauw, Kamis (20/8/2015) di Hotel Aryaduta, Jakarta.

Efek peningkatan domino ini bisa mengantarkan Indonesia menuju negara berpenghasilan menengah pada tahun 2025. Daya saing global menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) juga bisa tumbuh signifikan.

Sayangnya, masih sedikit pelaku UKM yang sadar akan peluang ini. Lebih dari 36 persen UKM masih berbisnis offline saja. Sementara 37 persen lainnya hanya memiliki kemampuan online mendasar, seperti komputer atau akses digital.

Hanya 18 persen UKM yang memanfaatkan akses online, seperti media sosial dan situs web. Sedangkan sembilan persen sisanya adalah bisnis online lanjutan berupa e-commerce.

Ke depan, Google telah menyiapkan beberapa program untuk menggenjot pemanfaatan online digital bagi UKM. Hal ini juga didukung oleh program pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com